Kemanjuran Teknik Self Contract dalam Konseling Kelompok untuk Mereduksi Prokrastinasi Tugas

Eva Asmaraningrum, Muya Barida

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan suatu tindakan penghindaran atau menunda memulai atau menyelesaikan suatu tugas akademik yang mempunyai batas waktu. Keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas telah banyak terjadi khususnya pada kelas XI SMA Mummadiyah 4 Yogyakarta. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari konselor dan guru mata pelajaran, kelas XII rentan melakukan keterlambatan dalam mengumpulkan tugas atau yang disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah menguji keberhasilan penggunaan konseling kelompokSelf Contract  untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelasXI SMA Mummadiyah 4 Yogyakarta  . Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperiment design dengan jenis pre-test post-test one group design.


Full Text:

PDF

References


Ghufron, M. N. 2003. “Hubungan antara Kontrol Diri dan Persepsi Remaja Terhadap

Penerapan disiplin orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik”.

Ghufron, Nur; Risnawati, Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Komalasari,Gantina;Wahyuni,Eka; Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : Indeks.

Natawidjaja, Rochman. 2009. Konseling Kelompok Konsep Dasar dan

Pendekatan.Bandung : Rizqi Press.

Sukardi, Dewa Ketut; Kusmawati, Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling

di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Mahardika, N. (2020). Mereduksi Disfungsional Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 15-22.

Rahma, H. S. (2021). Upaya Reduksivitas Prokrastinasi Akademik melalui Teknik Kontrak Perilaku pada Mahasiswa”(Studi Kasus di Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Rokhman, M. K., Sucipto, S., & Masturi, M. (2019). Mengatasi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behavior Contract. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Widiyastuti, T. KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA.

Rohman, M. K. (2017). Mengatasi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behavior Contract Pada Siswa Sma 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muria Kudus).

Purnama, A. S., Mursidi, A., & Trisnawati, K. A. (2019). Behavioral Counseling Effectiveness Behavior Contract Technique to Decrease Behavior Academic


Refbacks

  • There are currently no refbacks.