Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum

Annisa Rizqi Febriani, Muya Barida

Abstract


Artikel ini bertujuan mengkaji bagaimana layanan konseling kelompok teknik relaksasi untuk mereduksi kecemasan berbicara di depan umum. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi Kecemasan berbicara di depan umum merupakan bentuk dari perasaan takut atau cemas secara nyata ketika berbicara di depan orang-orang sebagai hasil dari proses belajar sosial. Mengingat bahwa gejala yang timbul karena kecemasan berbicara di depan umum ini akan berdampak pada terganggunya aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, maka diperlukan suatu tindakan bantuan yang diberikan oleh Guru BK atau konselor. Oleh karena itu, dengan layanan konseling kelompok teknik relaksasi diharapkan dapat mereduksi atau mengurangi kecemasan berbicara di depan umum.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bukhori, B. (2016). Kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158-186.

Fitri, D. (2017). Efektivitas cognitive behavior therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10(1).

Gemilang, Jingga. 2013. Manajemen Stres & Emosi. Yogyakarta: Mantra Books.

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).

Khusumawati, Z. E. (2015). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 5(1).

Rahman, F. (2012). Manajemen dan Pengembangan Program Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 111. Universitas Negeri Yogyakarta.

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33-41.

Setianingrum, A. A., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2013). Upaya mengurangi kecemasan berbicara di depan umum menggunakan teknik relaksasi. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(4).

Verderber, R. F., Verderber, K. S., & Sellnow, D. D. (2011). The challenge of effective speaking. Cengage Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.