Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling

Avisha Rizki Oktaviani, Muya Barida

Abstract


Salah satu aspek dari diri siswa yang perlu diperhatikan adalah kepercayaan diri. Menurut Lauster (2002:4) kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, sopan dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri. Kepercayaan diri merupakan suatu hal yang penting karena merupakan suatu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada setiap diri siswa. Karena dengan adanya kepercayaan diri tersebut siswa dapat membangkitkan semangat untuk mencapai sesuatu, tidak takut menghadapi kegagalan, dan dapat menciptakan peluang dalam berkarir yang yang besar karena percaya atas potensi yang ia miliki dan dapat membawanya ke dalam suatu kesuksesan. Dalam layanan konseling kelompok melalui pendekatan behavioral dengan Teknik modelling dapat membantu untuk memecahkan masalah tentang kepercayaan diri yaitu salahsatunya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.  Konseling  behavioral  dengan teknik modeling    yaitu    pemberian layanan konseling berupa penguatan-penguatan yang dianggap dapat   mengubah   atau   menghapus pola-pola   tingkah   laku   yang   ingin dirubah.  Dalam  konseling  behavioral dengan teknik modeling adalah salah satu  teknik  dalam  terapi  behavioral, yang   memusatkan   pada   hubungan tingkah   laku   dan   konsekuensinya.


Full Text:

PDF

References


PRIYATNA, A. J. (2019). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Lesmana, T. I. (2019). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas VIII di SMPN 11 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Imro'atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 50-57.

Anisah, L., & Handayani, E. S. (2020). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 PELAIHARI. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(3), 23-28.

Adiningrum, W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Modelling Terhadap Kedisiplinan Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4).

Sari, G. D. (2016). Penerapan Modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja dengan disabilitas intelektual. Procedia: Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 4(1), 7-14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.