Pembentukan Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling Islami

Luklu’ul Hijrotunnabila

Abstract


Pendidikan bukan hanya tentang mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi juga transfer of value (transfer nilai). Nilai dalam hal ini akan berpengaruh tehadap tingkah laku peserta didik. Karakter merupakan perpaduan antara moral, etika, dan akhlak. Moral lebih menitik beratkan pada kualitas perbuatan, tindakan atau perilaku manusia atau apakah perbuatan itu bisa dikatakan baik atau buruk, atau benar atau salah. Akhlakul karimah dalam Islam merupakan pedoman bagi manusia untuk menjalani kehidupannya dengan berperilaku baik dan tidak meninggikan dirinya sendiri maupun orang lain. Penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif karena dengan penelitian kualitatif peneliti dapat berkomunikasi secara langsung dengan subyek dan informan yang dilakukan di MAN 1 Kepulauan Meranti. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Membentuk Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik di MAN 1 Kepulauan Meranti. a. Shalat Dhuha, b.Shalat dzhuhur berjama’ah, c. Berjabat tangan dan mengucapkan salam.


Full Text:

PDF

References


Latipah,.E,. &,. Mardliyah,.N.M,.(2020).Akhlakul Karimah Siswa Ma’had Islamy: Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Internasional Agama Islam 17(1), 55-66.

Azis,.A.M.R,.(2021). Upaya Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Dalam Pembelajaran PAI di Era Milenial. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islaman 8 (1), 128-138

Ismatullah,.N.H,.2019. Internalisisi Nilai – Nilai Keislaman Dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Siswa. Tarbiyatuwa Ta’lim:Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (01), 59-73.

Suroso,.A.S,.&,.Salehudin,.M,.2021.Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Siswa.Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi islam 7(1),44-55


Refbacks

  • There are currently no refbacks.