Pengaruh Kredibilitas Konselor dalam Layanan Konseling Karir Terhadap Keberhasilan Siswa Masuk Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII di Sma Se-Kabupaten Purbalingga

Raini retno Wulansari, Dody Hartanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan pengaruh kredibilitas  konselor dalam layanan konseling karir terhadap keberhasilan siswa masuk perguruan tinggi. Jenis  penelitian yang digunakan penelitian ini tergolong dalam penelitian survei dengan metode  penelitian korelasional pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan  penyebaran angket, wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu ada  pengaruh antara kredibilitas konselor dalam layanan konseling karir terhadap keberhasilan siswa  masuk perguruan tinggi, karena dengan konselor yang memiliki kualitas atau kredibilitas konselor  yang tinggi dan memiliki kompetensi yang mumpuni dalam mengelola layanan konseling karir  dengan metode ataupun strategi yang tepat diberikan kepada peserta didik maka, siwa dapat  memilih dan mencapai keberhasilan dalam melanjutkan keperguruan tinggi atau melanjutkan studi  lanjutnya. 


Full Text:

PDF

References


Astuti, A., Casmudi, C., & Sugianto, S. (2019). PERAN GURU BIMBINGAN DAN

KONSELING SMA PATRA DHARMA BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Edueco, 2(2), 19-28.

Haryanto, A. (2019). Bimbingan Dan Konseling Karir Pada Perencanaan Karir Siswa Kelas Xii SMK N 1 Kepahiang (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

SAPUTRA, J. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Membalong Kelas XII Tahun Ajaran 2016/2017. Prodi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

Anni, C. T., & Munawaroh, E. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesional Konselor melalui Pelatihan Konseling Realita. 23(1), 42–47.

Baloch, Q. B. (2017). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Membalong Kelas XII Tahun Ajaran 2016/2017. 11(1), 42-47.

Crites, J. O.. Career counseling: Models, methods, and materials. New York: McGrawHill. 1981.

Dini, I. R. (2021). Bimbingan Konseling. 1–9. Guru, K., Dan, B., & Di, K. (2020). Kompetensi guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas negeri 9 bandar lampung tahun ajaran 2019 / 2020 ”. 2008, 1–90.

Hurlock,. Elizabeth B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang, Jakarta, Erlangga. 2002.

Ikip, F., Bali, P., Ikip, F., & Bali, P. (2020). KOMPETENSI SOSIAL GURU BK / KONSELOR SEKOLAH ( STUDI DESKRIPTIF DI SMA NEGERI SE-KOTA DENPASAR ). 1, 75– 81.

https://doi.org/10.5281/zenodo.3 760702

Lestari, M. (2013). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI SE-KOTA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013.

Nahdi Ahmad, R. R. (2019). Layanan bimbingan karir dalam upaya meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen: perspektif bimbingan konseling Islam (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Pelaksanaan, D., Bimbingan, P., & Konseling, D. A. N. (2013). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 2(4), 17–24.

Pratama, K. E., Studi, P., Konseling, B., Keguruan, F., Ilmu, D., & Kuala, U. S. (2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Volume 3 Nomor 1 tahun 2018. 3(April), 15–24.

Putri, A. R., Rusdi, K., & Sinta, D. R. (2020). Program Bimbingan

dan Konseling Karir untuk Menekan Angka Pengangguran. Jurnal Darmajaya, 1, 168–174. https://jurnal.darmajaya.ac.id/in dex.php/PSND/article/view/257 7

Sari, N. (2016). DITINJAU DARI KOMPETENSI PROFESIONAL DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BATANG.

Wardhani, N. S., Farida, E., & Yudha, E. S. (2019). INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL

COUNSELING Profil Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di Kota Bandung. 3(2), 147–154. https://doi.org/10.30653/001.201932.63

Saat.S, Mania.S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida

MUNANDAR, A. PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Arikunto Suharsimi. (2011). Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Wibowo, M. E. (2017). Profesi Konselor dalam Kurikulum 2013 dan Permasalahannya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(2), 63–85. https://doi.org/10.30598/jbkt.v1i 2.143


Refbacks

  • There are currently no refbacks.