Pengaruh Layanan Bimbingan Konseling Islam dalam Proses Pembentukan Karakter

Wakhid Mirzaq Rohanudin

Abstract


Bimbingan konseling menjadi salah satu unsur penting bagi penyelenggara Pendidikan (seperti tenaga pendidik) di sekolah yang secara eksistensi sangat diperlukan untuk membantu individu (dalam hal ini peserta didik) membentuk karakter dan menjadii pribadi yang memiliki perkembangan dalam kehidupan pribadinya, bersosial, peningkatan kemampuan dan potensi peserta didik. Diperlukan startegi dalam mengimplementasikan bimbingan dan konseling islam untuk pembentukan karakter seorang individu. Implementasi yang dimaksud adalah dengan menerapka inovasi yang sudah disusun, melaksanakan kebijakan yang sudah ditetapkan dalam rangka melakukan Pendidikan karakter peserta didik. Diharapkan dengan adanya bimbingan konseling islam dapat menjadikan individu memahami pembentukan karakter diri.


Full Text:

PDF

References


Armalena. (2019). PENGARUH MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN BERMUTU DAN HANDAL. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1), 14–22.

Haryadi, S., Sugiharto, & Sutoyo, A. (2014). Bimbingan Kelompok Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa Smp. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.15294/jubk.v3i2.4613

Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Kasim, F. (2014). Dampak Perilaku Seks Berisiko terhadap Kesehatan Reproduksi dan Upaya Penanganannya (Studi tentang Perilaku Seks Berisiko pada Usia Muda di Aceh). Jurnal Studi Pemuda, 3(1), 39–48. https://jurnal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/download/32037/19361

Khusna, N. ilma A., & Rofi’ah, N. (2019). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM BIMBINGAN AKADEMIK DI SMP NEGERI 1 PURWOSARI. Konseling, 2(1), 145–154.

Kuliyatun, K. (2020). Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 91. https://doi.org/10.32332/jbpi.v2i1.2064

Lena, I. N. (2019). Layanan Bimbingan Konseling melalui Pendekatan Agama untuk Mengatasi Kenakalan Remaja. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(1), 19–40. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i1.861

Meimunah S. Moenada. (2011). Bimbingan Konseling dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Jurnal Al-Hikmah, 8(1).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.

Rosita, L. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.879

Rubei, M. A. (2015). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MTS. MATHLAUL ANWAR KOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 198–212.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf

Syarifudin Syarifudin. (2015). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI (Telaah dari Aspek Lingkungan). MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.29

Yuliyatun. (2013). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 343–370.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.