Pengasuhan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak dimasa Pandemi

Lisa Ayu Pratiwi, Dody Hartanto

Abstract


Anak merupakan fitrah manusia yang dititipkan oleh Allah SWT kepada orang tua yang di beri amanah untuk merawat, menjaga, mengasuh dan lain sebagainya. Orang tua bertanggung jawab penuh atas perkembangan anak agar menjadi pribadi yang baik kelak. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya mengecap pendidikan setinggi-tingginya tanpa terkecuali. Namun demikian masih banyak ditemukan orang tua mendidik anak dengan sesuka hati tanpa memedulikan mental anak. Masalah ini tentu perlu mendapat perhatian semua pihak. Tidak menutup kemungkinan jika dibiarkan anak-anak akan bertumbuh kembang dengan sesukanya, anak menjadi kurang aktif atau bahkan anak akan merasa tidak nyaman di lingkungan sekitar. Oleh karena itu pola pendidikan anak di Desa Pagubugan ini perlu dikaji secara mendalam. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pola asuh orang tua terhadap proses belajar anak yang dilakukan pada masa pendemi covid-19 saat ini, metode yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman studi dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan.


Full Text:

PDF

References


Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20- 34.

Asmawati, L. (2015). Gaya Pengasuhan Orangtua untuk Pembentukan Karakter Melalui Penerapan Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini, 4–5 Tahun. ATIKAN, 5(1).

Fitriani, L. (2015). Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera, 17(1).

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, hal 175-177.

Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.

Octaviana, S. W. (2019). Pengasuhan Orang Tua Terhadap Anak Autis (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Mi/Sd (Studi Kbm Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). Jiees: Journal Of Islamic Education At Elementary School, 1(1), 10-16.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cet. Ke-23, (Bandung: Alfabeta, 2016), hal 225.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitaif, kualitatif, dan R&D).

Bandung: ALFABETA cv.

Zulmi, E. (2020). Dampak Ibu Berkarir Dan Ibu Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Balita Di Lingkungan Perumahan Bukit Kemiling Permai Blok S Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.