Pengembangan Layanan Informasi Keputusan Mengenai Karir Melalui Aplikasi Android Cek Karir Peserta didik SMA

Ryan Kurnia Romadhon, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Peserta didik sekolah menengah atas dibingungkan dengan sejumlah alternatif setelah lulus dari bangku sekolah. Antara lain memilih bekerja, melanjutkan studi, bahkan menikah. Mereka dibingungkang dengan berbagai pilihan tersebut. Dan mereka juga disulitakan dengan pengambilan keputusan karir yang akan dipilih kedepannya. Peserta didik dapat menghindari kesulitan dalam pengambilan keputusan karir tersebut memahami mengeni keputusan karir apa yang diambil memalui layanan informasi keputusan mengenai karir memalui sebuah media aplikasi untuk memudahkan peserta didik menentukan keputusan karir apa yang tepat bagi dirinya. Karena dengan media aplikasi tersebut peserta didik bisa lebih mudah memahami mengenai keputusan karir yang ingin diambil tanpa harus sering ketemu dengan guru bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF

References


Astuti, B., & Purwanta, E. (2019). Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Kesiapan Karier.

Devstudik

Astuti, A. P.; Ilfiandra. (2019). Karakteristik Efikasi Diri Pembuatan Keputusan Karir Pada Remaja. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice, and Research, 3(1),30–35. https://umtas.ac.id/journal/index.php/innovative_counseling/article/view/383

Nindya, N. N., Kiswantoro, A., & Hidayati, R. (2020). Layanan informasi melalui media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2).

Nurhidayati, N., & Utari, D. T. (2018). Model Intensi Kewirausahaan Dengan Pertimbangan Pasar Kerja, Dukungan Sosial, Dan Self Efficacy Terhadap Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 111.

https://doi.org/10.30659/ekobis.19.2.111-120

Nurrega, R. G., Wahyuningsih, H., & Gusniarti, U. (2018). Konseling Karir Kelompok Cognitive Information Processing Untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Peserta didik. Journal of Psychological Science and Profession, 2(1), 127. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i1.16702


Refbacks

  • There are currently no refbacks.