Pengembangan Modul Kontrol Diri untuk Mereduksi Agresif Daring Siswa rol Diri untuk Mereduksi Agresif Daring Siswa

Ghisca Putri Supentia, Wahyu Eka Nanda Saputra

Abstract


Agresif daring sering terjadi dikalangan siswa. Guru BK memiliki peran penting dalam mereduksi perilaku agresif daring siswa yang dilakukan melalui jejaring sosial seperti, instagram, line, whatshapp, facebook, twitter, email. Agresif daring merupakan perilaku kekerasan verbal yang dilakukan dengan sengaja dan dilakukan secara daring (dalam jaringan) seperti, menghina, mencaci maki, berkata kasar. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku agresif secara daring ini tentunya akan sangat buruk terutama bagi remaja. Tujuan penelitian ini merupakan pengembangan modul kontrol diri untuk mereduksi agresif daring siswa. Modul kontrol diri dapat digunakan oleh konselor untuk mereduksi agresif daring siswa yang berisi bahan ajar tentang materi kontrol diri untuk mempermudah siswa mempelajarinya secara mandiri sebagai bahan evaluasi. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dari berbagai kajian jurnal nasional maupun internasional dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal kajian adalah perilaku agresif daring atau online dan kontrol diri.


Full Text:

PDF

References


Afriany, F., Alfarisi, I., Sofa, A., Handayani, A., Sari, E., Lucvaldo, M., & Rudy, R. (2020). Agresif Verbal di Media Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Sosial Dan Humaniora, 3(3), 23–30.

Afriany, F., Ikhsan Alfarisi, & Sofa, A. (2019). Agresif Verbal di Media Sosial Instagram. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3596992

Amanda, R. A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304.

Atmoko, A. D., Munir, Z., & Ramadhan, G. (2019). Pengaruh Menonton Tayangan Televisi Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Profesional, 7(1).

Auliya, M. (2014a). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. 02, 6.

Auliya, M. (2014b). Hubungan kontrol diri dengan perilaku agresi pada siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(3).

David-Ferdon, C., & Hertz, M. F. (2009). Electronic media and youth violence; a CDC issue brief for researchers.

Dewi, W. R., & Savira, S. I. (2017). Kecerdasan Emosi dan Perilaku Agresi di Social Media Pada Remaja. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(2), 82–87.

Dini, F. O. (2014). Hubungan antara kesepian dengan perilaku agresif pada anak didik di lembaga pemasyarakatan anak blitar.

Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8–12.

Gandawijaya, L. E. (2017). Hubungan antara Kontrol Diri dan Agresi Elektronik pada pengguna Media Sosial di masa Transisi Menuju Dewasa (The Correlation Between Self-control and Electronic Aggression Among Social Media Users in Emerging Adulthood). Available at SSRN 3585691.

Hardoni1, Y., Neherta, M., & Sarfika, R. (2019). Karakteristik Perilaku Agresif Remaja pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Istiqomah, I. (2017). Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Agresivitas Remaja. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 13(2), 96–112.

Izzatul Mufidah, C. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2(2).

Kusumawati, T. M. (2015). Pengembangan modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP.

Purwasih, R., Dharmayana, I. W., & Sulian, I. (2018a). Hubungan Kompetensi Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Smk Bengkulu Utara. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 52–59.

Purwasih, R., Dharmayana, I. W., & Sulian, I. (2018b). Hubungan Kompetensi Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa SMK Bengkulu Utara. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.52-59

Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2).

Rahmadani, E. D. A., & Fikry, Z. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sma Pembangunan Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2495–2501.

Restu, Y., & . Y. (2013). Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211074-0-00

Restu, Y., Yusri, Y., & Ardi, Z. (2013). Studi tentang perilaku agresif siswa di sekolah. Konselor, 2(1).

Saputra, W. N. E., & Handaka, I. B. (2018). Perilaku agresi pada siswa SMK di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 1–8.

Sari, S. P. (2017). Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Wiretna, C. D., & Saputra, W. N. E. (2021). Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Mereduksi Perilaku Online Aggression. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(2), 19–23.

Yerimadesi, Y., Putra, A., & Ririanti, R. (2017). Efektivitas penggunaan modul larutan penyangga berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 17–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.