Pengembangan Modul Latihan Asertif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif pada Korban Bullying Di Sman 1 Ciamis

Detya Ayu Nur'aini, Wahyu Eka Nanda Saputra

Abstract


Perilaku asertif merupakan cara utama untuk remaja agar dapat terhindar menjadi korban bullying. Perilaku asertif dapat membuat korban terhindar  untuk melawan bullying dengan bentuk kekerasan yang lain, dan juga membuat korban agar terhindar dari perilaku tidak aktif pada pelaku bullying. Perilaku asertif menjadikan pelaku takut dan merasa terancam dikarenakan mereka sadar akan kekuatan yang ada pada korban. Selain dari itu, perilaku asertif para saksi (disebut juga bystander) bullying berdampak pada pencegahan bullying. Pelatihan asertifitas memiliki efektifitas karena dapat menambah wawasan, rasa percaya, self-esteem, self-efficacy dan sikap asertif jadi siswa lebih dapat berani serta percaya diri dalam mengutarakan pendapat dalam hubungan interpersonal. Selain dari itu, mereka mampu mengganti pandangan buruk tentang dirinya serta mampu mengutarakan pikiran serta ide.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, H. R., & Cahyanti, I. Y. (2020). Efektivitas Pelatihan Asertif Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku “Bullying” di SMPN A Surabaya. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(2), 105. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i2.3868

Amawidyati, S. A. G. (2013). Pelatihan Asertivitas Untuk Menurunkan Frekuensi Peristiwa Bullying Yang Dialami Korban. 1(1), 13.

Arumsari, C. (2017). Strategi konseling latihan asertif untuk mereduksi perilaku bullying. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 31–39.

Azis, A. R. (2015). Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan perilaku asertif siswa korban bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14.

Misnani, J. (2016). Hubungan Perilaku Asertif dan Kesepian dengan Kecemasan Sosial Korban Bullying Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4).

Rizki, K., & Uyun, Q. (2015). Pelatihan Asertivitas Terhadap Penurunan Kecemasan Sosial Pada Siswa Korban Bullying. 03, 15.

Rozali, Y. A., & Sitasari, N. W. (2019). Asertivitas Siswa SDN 11 Duri Kepa Dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi, 17, 6.

Sabda, M. (2013). Hubungan perilaku asertif dengan penyesuaian sosial pada siswa MTs Al Istam Serang.

Wardah, A. (2019). Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik SMP Korban Bullying. 5.

Zen, E. F., Muslihati, M., Hidayaturrahman, D., & Multisari, W. (2020). Pelatihan Perilaku Respek, Empati dan Asertif Melalui Metode Role Play untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 40–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.