Peran Guru Bk dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Broken Home Melalui Pendekatan Realita pada Siswa Kelas VIII di SMP N 7 Kota Sukabumi

Silmi Maulida

Abstract


Peran atau pelayanan guru bk di sekolah merupakan hal yang penting agar siswa tetap berjalan sesuai jalur yang baik. Tidak semua siswa bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, mereka membutuhkan sosok yang dapat membantu dan membimbing dalam menyelesaikan masalahnya. Apalagi dalam kasus siswa broken home pada siswa sekolah menengah maupun sekolah dasar, dimana siswa berada dalam fase pencarian jati diri, dan siswa broken home berbeda dengan siswa lainnya, mereka memiliki masalah pribadi yang cukup serius, salah satunya kehilangan motivasi belajar. Kehilangan Motivasi belajar kerap dirasakan oleh siswa  yang mengalami broken home dikarenakan kondisi keluarga yang tidak harmonis seperti siswa lainnya. melalui layanan Bimbingan dan Konseling Realita diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami broken home pada siswa kelas VIII SMPN 7 Sukabumi.

Full Text:

PDF

References


Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

Hurlock. E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta. Erlangga.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press

Palmer, Stephen. Konseling dan Psikoterapi. 2016. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Prayitno, dan Erman Amti, 2015, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Rianeka Cipta

Sardiman, 2018, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok : PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Penerbit Alfabeta

Sofyan S. Willis. (2011). Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

William J. Goode. (2007). Sosiologi Keluarga. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.