Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 SD Negeri 1 Parungsari

Indah Amelia Sari, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Anak merupakan anugrah yang dititipkan Allah SWT kepada manusia yang sudah menjalankan sebuah pernikahan, dalam artian manusia tersebut sudah menjadi orang tua. Mereka bertanggung jawab penuh atas anaknya dihadapan Allah SWT. Salah satu cara agar anak dapat berkembang dengan baik yaitu dengan melalui pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar yang efektif, yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya dalam hal kemampuan spiritual, pengendalian diri, kecerdasan, kepribadian, akhlak mulia, serta kemampuan atau keterampilan yang dapata berguna untuk dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Melihat keadaan dunia sedang dilanda musibah wabah corona (covid-19), pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai pelaksanaan pembelajaran yang dilaksaakan di rumah masing-masing siswa, sebagai upaya dalam mencegah penularan wabah corona (covid-19). Pembelajaran yang dilakukan di rumah masing-masing dilaksanakan secara online atau daring yang dipantau langsung oleh guru masing-masing melalui teknologi berupa handphone dan laptop. Oleh karena itu peran orang tua sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi saat ini.


Full Text:

PDF

References


Al Aliyy. 2007. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Diponegoro.

Astita, Wida. 2016. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Anak Di Desa

Bangun Jaya Kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara. Lampung : Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan.

Cahana, Nana. 2020. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang tua.

Kompasiana.

Cahyati, Nika. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04 (1).

Chalim, Saifuddin dkk. 2018. Peran Orang tua dan Guru dalam Membangun

Internet sebagai Sumber Pembelajaran (The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning). Jurnal Penyuluhan, 14 (1).

Dewi, Shinta Kurnia. 2011. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Imron, Ali. 2016. Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih

Ulwan. Jurnal Edukasia Islamika, I(1).

Martsiswati, Ernie dkk. 2014. Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2).

Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1).

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.