Permasalahan Minat Belajar Siswa yang Timbul Akibat dari Study From Home pada Masa Pandemi Covid-19

Angelina Putri Mellani

Abstract


Pada tahun 2019 muncul virus yang sangat berbahaya dan mudah menular yaitu corona virus disease (Covid-19). Semenjak adanya kemunculan virus Covid-19 berbagai upaya telah dikerahkan oleh pemerintah Indonesia untuk menanggulangi dampaknya yaitu salah satunya dengan adanya Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran covid 19 di dunia Pendidikan. Dalam surat edaran tersebut Kemendikbud memerintahkan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan megarahkan para peserta didik untuk belajar di rumah masing-masing atau dengan sebutan lain SFH (Study From Home). Dengan adanya SFH tentu akan mempengaruhi adanya minat belajar pada siswa. Oleh karena itu terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi adanya minat belajar siswa sehingga dapat memberikan keberhasilan siswa dalam hal belajar. Faktor yang mempengaruhi minat belajar antara lain terdapat faktor eksternal maupun faktor internal. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi adanya minat belajar siswa sehingga dapat memberikan keberhasilan siswa dalam hal belajar. Faktor yang mempengaruhi minat belajar antara lain terdapat faktor eksternal maupun faktor internal. Untuk menciptakan kelancaran dan keberhasilan adanya proses pembelajaran SFH maka harus ada nilai dari aspek-aspek atau indikator mengenai minat belajar siswa yang harus terpenuhi dengan memperhatikan juga faktor-faktor pendukung yang dapat menumbuhkan adanya minat belajar pada siswa. Apabila aspek dan faktor yang mempengaruhi tidak terlaksana atau tidak terpenuhi dengan baik, maka bisa dimungkinkan minat belajar siswa tidak akan tumbuh sehingga kegiatan proses pembelajaran SFH juga tidak akan berjalan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2018. METODE PENELITIAN KUALITATIF Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung. Alfabeta.

Araniri, N. (2018). Kompetensi Profesional Guru Agama dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1, March), 75-83.

Dewa, E., Maria Ursula Jawa Mukin, & Oktavina Pandango. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359.

Harike, H. (2021). PENGARUH COVID-19 TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN

DARING PADA SMA NEGERI 11 LUWU. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 98-106.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 19–33.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

NURHAYATI, N. (2020). SCHOOL FROM HOME (SFH) TERHADAP MINAT BELAJAR

SISWA KELAS VIII DI SMPN 7 PUTUSSIBAU (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Primadhany, A. Y., & Puspaningsih, A. (2018). BAJ ( Behavioral Accounting Journal ).

Behavioral Accounting Journal (BAJ), 1(1), 62–83.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639– 643.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Suriyanti, Y. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 477-481.

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-

COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641.

Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2021). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.