Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa

Hesti Nur Muslichah, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk menyediakan referensi terkait dengan perilaku prososial. Perilaku prososial perlu ditanamkan pada diri remaja karena remaja merupakan anggota masyarakat sehingga perlu dipersiapkan agar mampu berkontibusi dalam memberikan pelayanan kepada anggota masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk warganya. Kau (2010) menjelaskan peristiwa menurunnya perilaku prososial pada remaja dapat dilihat dari rendahnya perilaku tolong menolong, berbagi, dan bekerjasama antara remaja dengan remaja, orang lain, orang tua, maupun masyarakat. Penggunaan teknik role playing dalam layanan bimbingan klasikal mengutamakan interaksi dan komunkasi yag baik antar pemain peran. Dalam hal ini siswa diharapkan dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan pada layanan bimbingan klasikal sehingga mampu meningkatkan perilaku prososialnya.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Andriati, N. (2015). Pengembangan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 41.

Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(1), 33-42.

Astuti, P. P. (2013). Efektifitas Metode Bermain Peran (Role Play) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak. Jurnal UAD.

Astuti, P. P. 2013. Efektifitas Metode Bermain Peran (Role Play) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan. 3

Dayakisni dan Hudaniah.2003.Psikologi Sosial. Malang: UMM Pers

Dayakisni dan Hudaniah.2009.Psikologi Sosial. Malang: UMM Pers

Gerungan, W.A. (2010). Psikologi Sosisial. Bandung : PT Refika Aditama.

Heinrich, P. (2017) When Role Playing Cames a Live a Theory and Practice. Australia: Palgrave Macmillan.

Hikma., Munir, A., Munifah. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Palu, 3(1).

Isnandar, T. W. 2010. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMA 1 Purwodadi. Surakarta. Skripsi. Universitas

Justitia, Dewi., Djunaedi. (2017) Pengaruh Metode Role Playing Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Asertif. Jurnal FIP UNJ:Jakarta Muhammadiyah Surakarta

Santoso, A. B. 2014. Penyandang Cacat Ini Duduk di Bawah, Tiga Orang Necis Lain Baca Koran di Atasnya (Online), (http://www.tribunnews.com/metropolitan/)

Sears, David O., Freedman, Jonathan L., & Peplau L. Anne. (2009). Sosial Psichology (Psikologi Sosial). Penerjemah: Michael Adryanto. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.