Strategi Guru BK dalam Bimbingan Kelompok Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa

Thifalni Zahra Aurelia, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Era globalisasi ini sulit menemukan sikap empati pada setiap remaja, hal ini dikarenakan dengan berkembangnya globalisasi dan bersamaan dengan era teknologi yang membuat setiap remaja khusunya sulit untuk membentuk sikap empati yang baik. Tujuan dari empati aalah memahami apa yang rasakan dan dipikirkan terhadap individu lainnya, serta apa yang sedang dipikirkan pada suatu keadaan yang alami oleh orang lain. Peneliti menggunakan metode penelitian menggunakan review atau studi literature. Review ini menggunakan data yang berasal dari jurnal, makalah, buku, jurnal ilmiah, prosiding, dan beberapa artikel yang berakreditasi online. Data yang digunakan yaitu didapatkan dari literature yang telah disusun dari hasil informasi dan data yang didapatkan. Dengan sosiodrama, dapat membuat berdiskusi pada situasi atau kondisi yang dialami oleh orang lain meliputi aspek perasaan, sikap dan nilai-nilai terhadap orang lain. 


Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2019). PENERAPAN SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA KONFLIK REMAJA. Musawa: Journal for Gender Studies, 11(1), 81-104.

Andini, M. P. (2018). SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI TERHADAP TEMAN SEBAYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR.

Andriati, N., Atika, A., & Yuditio, P. R. (2019). Meningkatkan Sikap Empati Siswa SMP Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 68-79.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Erford, B.T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia

Haryati, A., Wibowo, M. E., & Mulawarman, M. (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 28-33.

JOHAN, E. (2017). KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN SELF EFFICACY PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FIP UNNES ANGKATAN 2016-2017 (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Nursafitri, R. (2013). Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk membantu meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecenderungan perilaku agresif peserta didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal konseling gusjigang, 1(2).

Putra, M. F. S. J., Daffa, M., & Zakhullu, S. F. (2018). Membangun rasa empati melalui teknik sosiodrama pada siswa smp & sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(6), 240-246.

Riswani dan Amirah diniaty. Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling. (Pekanbaru: Suska Pres. 2008

Selawati, F., & Sumadi, T. (2019). KEGIATAN LIVE IN DALAM MENGEMBANGKAN RASA EMPATI SISWA. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 18(2), 146-154.

Sutanti, T. (2015). Efektivitas teknik modeling untuk meningkatkan empati mahasiswa Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(2), 188-198.

Syalafiah, M., & Rima, I. (2020). TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3), 80-88.

Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulul Azam, Bimbingan Dan Konseling Perkembangan DiSekolah, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016)

WS. Winkell, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Jakarta: Gramedia Widiasarana, 1997)

Wulandari, S. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Experiential Learning Untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP Negeri Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Yunika, R., & Alizamar, A. (2013). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying di sma negeri se kota padang. Konselor, 2(3).

Zahro, A., Awalya, A., & Haratati, M. T. S. (2018). Meningkatkan Empai melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.