Strategi Layanan Dasar untuk Mereduksi Perilaku Loneliness dimasa Pandemi Covid-19

Muhamad Farraz Nur Ridwan, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Kesehatan mental terutama dalam situasi dan keadaan seperti sekarang, agar terhindar dari gangguan loneliness tentunya menjadi suatu tantangan bagi guru BK terutama di sektor pendidikan sekolah. Peplau dan Perlman (dalam Oguz dan Cakir, 2014) mengemukakan bahwa Loneliness adalah suatu perasaan emosional yang dapat dirasakan ketika individu menganggap lingkungan sosialnya kecil. Guru BK perlu melaksanakan pemberian layanan konseling yang optimal sesuai dengan kebutuhan siswa. Layanan dasar merupakan suatu proses memberi bantuan kepada siswa yang berkaitan langsung dalam pengembangan sikap peserta didik, pengetahuan, keterampilan baik dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir sebagai tugas perkembangan peserta didik. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Dasar dan Menengah menjadi kunci suatu keberhasilan pada pelaksanaan bimbingan dan konseling di Indonesia. beberapa strategi layanan bimbingan dan konseling yang dapat dilaksanakan untuk mereduksi gangguan loneliness pada peserta didik yaitu dengan menggunakan layanan dasar, layanan bimbingan klasikal, layanan bimbingan kelompok.


References


Syaputra, A. F., Mantasiah, R., & Rijal, S. (2021, March). Web-Based Mentimeter Learning Media in Learning German Writing Skills. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Daniel, J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1), 91-96.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Groarke, J. M., Berry, E., Graham-Wisener, L., McKenna-Plumley, P. E., McGlinchey, E., & Armour, C. (2020). Loneliness in the UK during the COVID-19 pandemic: Cross-sectional results from the COVID-19 Psychological Wellbeing Study. PloS one, 15(9), e0239698.

Killgore, W. D., Cloonan, S. A., Taylor, E. C., & Dailey, N. S. (2020). Loneliness: A signature mental health concern in the era of COVID-19. Psychiatry research, 290, 113117.

Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1).

Alberti, F. B. (2019). A Biography of Loneliness: The History of an Emotion. Britania Raya: Oxford University Press.

Grygiel, P., Humenny, G., & Rębisz, S. (2019). Using the de Jong Gierveld loneliness scale with early adolescents: factor structure, reliability, stability, and external validity. Assessment, 26(2), 151-165.

Husniyah, L., & Pratiwi, T. I. (2019). Pengembangan Media Permainan Dart Board Interaksi Sosial Dalam Bimbingan Kelompok Kelas X Ipa Sma Negeri 12 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 10(1).

Siregar, R., Gulo, A. R. B., & Sinurat, L. R. E. (2020). Edukasi tentang upaya pencegahan covid-19 pada masyarakat di pasar Sukaramai Kecamatan Medan Area tahun 2020. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 191-198.

Yavich, R., Davidovitch, N., & Frenkel, Z. (2019). Social Media and Loneliness--Forever Connected?. Higher Education Studies, 9(2), 10-21

Bhakti, C. P., Safitri, N. E., & Dewi, A. C. (2018). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Mengurangi Perundungan Siber di Kalangan Remaja. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 2(2), 1-7.

Kwiatkowska, M. M., Rogoza, R., & Kwiatkowska, K. (2018). Analysis of the psychometric properties of the Revised UCLA Loneliness Scale in the Polish adolescent sample.

Johansson, T., & Andreasson, J. (2017). The Web of Loneliness: A Netnographic Study of Narratives of Being Alone in an Online Context. Social Sciences, 6(3), 101.

Leigh-Hunt, N., Bagguley, D., Bash, K., Turner, V., Turnbull, S., Valtorta, N., & Caan, W. (2017). An overview of systematic reviews on the public health consequences of social isolation and loneliness. Public health, 152, 157-171.

Halim, C. F., & Dariyo, A. (2016). Hubungan psychological well-being dengan loneliness pada mahasiswa yang merantau. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 170-181.

Hidayati, D. S. (2016). Self compassion dan loneliness. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 154-164.

Yusuf, N. P. (2016). Hubungan harga diri dan kesepian dengan depresi pada remaja. In Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity, Psychology Forum UMM (pp. 19-20).

Yandri, H. (2014). Peran guru bk/konselor dalam pencegahan tindakan bullying di sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.