Studi Deskriptif Permasalahan Siswa dalam Menjalin Interaksi Sosial Kelas X SMA Negeri 2 Cilacap Tahun 2021/2022

Hastuningtyas Dwi Qonita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan serta pengalaman peneliti terkait berbagai hal atau permasalahan yang berkaitan erat dengan proses menjalin interaksi sosial atau menjalin pertemanan di SMA NEGERI 2 CILACAP. Adapun tujuan peneliti yakni untuk mengetahui permasalahan yang paling sering terjadi dan di alami oleh siswa di SMA Negeri 2 Cilacap dalam hal interaksi sosial. Pokok bahasan dan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) permasalahan- permasalahan yang terjadi dalam menjalin interaksi sosial ? (2) faktor terjadinya atau timbulnya permasalahan dalam interaksi sosial ? (3) Apa yang menyebabkan seorang individu atau siswa merasa sulit ketika menjalin interaksi dengan individu lain (4) mengapa dalam menjalin pertemanan terjadi diskriminasi?. (5) bagaimana upaya meningkatkan sikap empati pada teman dan lingkungan sekitar dalam proses berinteraksi sosial?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kemudian dari segi subjek penelitian yakni secara populasi mencakup siswa kelas X dengan sample penelitian yakni siswa kelas X Mipa 4, serta subjek sekundernya adalah guru BK, serta dari proses pengumpulan data-data menggunakan instrumen seperti wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan Metode Triangulasi untuk membuktikan keabsahan temuan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.