Studi Komparasi Nilai Bahasa Arab antara Siswa kelas II/C dengan II/D di MTsN 5 Sleman

Adi Ramdani Putra Dinanti

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses yang diperuntukan kepada siswa atau peserta didik untuk dapat mencapai tujuannya. Pendidikan bukan semata-mata untuk mendapatkan nilai tapi ada sebuah proses yang harus dijalani dan mendapatkan arti sebuah kehidupan. Prestasi belajar merupakan buah dari pendidikan yang didalamnya ada sebuah proses, dan proses tersebut dapat mempengaruhi perilaku peserta didik. Bahasa arab menjadi salah satu bahasa yang mendunia banyak yang berpendapat jika mampu menguasai bahasa arab dunia serasa digenggaman bukan hanya gaya bahasanya tapi juga makna yang terkandung didalamnya juga sangat dalam. Minat peserta didik dalam mempelajari bahasa arab sangatlah kurang maka dari itu perlunya motivasi dan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.


Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47-53.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Retrieved June, 7, 2017.

Hermawan, H. (2020). Metodologi Riset Kuantitatif: Riset Bidang Kepariwisataan.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 113-126.

Lin, S.-H., & Huang, Y.-C. (2016). Examining Charisma in Relation to Students Interest in Learning. Active Learning in Higher Education , 17 (2), 139-151.

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal , 15 (3), 329-344.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.