Pengembangan Permainan Gobag Sodor dengan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Putri Sekar Purnaningtyas, Ariadi Nugraha

Abstract


Kerja sama merupakan proses sosial di mana di dalamnya terdapat aktivitas tertentu yang ditujukan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami terhadap aktivitas masing-masing. Namun pada kenyataannya masih ditemukan beberapa siswa yang belum mengimplementasikan sikap kerja sama kepada teman kelas. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan permainan gobag sodor dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerja sama siswa kelas XI Ips SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian pengembangan permainan gobag sodor dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerja sama siswa ini bertujuan untuk membentuk keakraban, kekompakan, saling menghargai, saling membantu satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan siswa kelas XI Ips SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) yaitu penelitian dan pengembangan yang hasil akhirnya menghasilkan sebuah produk yaitu perimainan gobag sodor. Dalam pengembangan permainan gobag sodor ini dilakukan untuk melihat hasil penelitian keefektifan permainan gobag sodor dalam bimbingan kelompok guna meningkatkan kerja sama siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Ngatiningsih, N. (2014). Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Pemainan Tradisional Gobak Sodor Di Kelompok B TK Pertiwi 3 Kalimati, Juwangi, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fauziah, A. A. U., Rizal, S. S., & Millah, S. (2020). PENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR.

Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 61-82.

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E- Plus), 5(2).

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa smp melalui penerapan Pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Aminah, S., & Sonedi, S. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Tradisional (Gobak Sodor) Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas Iv-A di SD Negeri 1 Kalampangan. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 28- 31.

Niswaturrohma, N. (2019). Permainan Tradisional Teka-Teki Gobak Sodor untuk meningkatkan kerjasama melalui pembelajaran berhitung pada Kelompok B usia 5-6 tahun TK Dharma Wanita Tebon Karangmojo Magetan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mulyani, Sri. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia, Yogyakarta: Langensari Publishing

Sukmadinata, Nanasyaodih. 2012. Metode penelitian pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakary


Refbacks

  • There are currently no refbacks.