Pengembangan Media Layanan Bimbingan Kelompok Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Yogyakarta

Berlin Fanta Rosiani, Ariadi Nugraha

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan media ular tangga dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan layanan bimbingan dalam bidang karir terhadap perencanaan karier siswa SMP N 14  Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode research and development, serta review jurnal dari penelitian terdahulu untuk menguji coba produk. Dari salah satu hasil penelitian  pada pengembangan media ular tangga ini sangat baik dan dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu media dalam layanan bimbingan kelompok. Dengan begitu media ular tangga juga dapat digunakan dalam bimbingan kelompok sebagai alternatif sumber belajar dengan pengembangan media yang disesuaikan dengan materi perencanaan karier siswa. Media permainan ular tangga untuk layanan bimbingan dan konseling telah layak baik secara tampilan dan materi.


Full Text:

PDF

References


Adityawarman, L. P. (2021). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165-177.

Anggela, E. Pengembangan Modul Digital Untuk Meningkatkan.

Aziz, A. (2019). Pengembangan Media Spinning Sebagai Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI SMA YP UNILA Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Haqiqi, A. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Kelas VII. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(6), 214-231.

Haqiqi, A. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Kelas VII. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(6), 214-231.

Irfan, I. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Sma Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Irfan, I., Jarkawi, J., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79-87.

Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan Bimbingan Karier Untuk Siswa SMP Kelas IX. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(4), 151-157.

Maulana, R. (2019). Pengaruh Bimbingan Karier Tehadap Pemilihan Sekolah Lanjutan Di SMP Negeri 17 Banda Aceh (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry Banda Aceh).

Nugraheni, D. A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perencanaan Karier Siswa (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Prastiwi, C. E. (2014). Pengembangan Media Ular Tangga Perencanaan Karier Dalam Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3).

Putra, N. S. C., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2020, November). Pengembangan Aplikasi Ular Tangga Digital Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Rejoso 1 Kabupaten Blitar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, Pp. 511-513).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.