Pengembangan Media Roda Keberuntungan sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Nur Afni Afa, Ariadi Nugraha

Abstract


Penggunaan strategi pembelajaran aktif roda keberuntungan dalam pembelajaran akan menumbuhkan motivasi, mendorong peserta didik untuk ikut serta sehingga terlibat aktif dalam proses pembelajaran, melatih ingatan dan kecepatan berpikir siswa. Media roda keberuntugan adalah sebuah media pembelajaran yang berbentuk lingkaran yang dapat diputar dan di dalam lingkaran tersebut dapat di bagi menjadi beberapa sektor yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berbeda. Fokus utama artikel ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar mempunyai peranan besar dari keberhasilan seorang siswa. Hasil belajar akan menjadi optimal kalau ada motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian dan pengembangan. Dalam penelitian dengan metode R&D, tahap awal yang dilakukan adalah melakukan penelitian pendahuluan (preliminary research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi baik itu berupa masalah maupun potensi yang bisa dikembangkan dalam penelitian.


Full Text:

PDF

References


Aulia, Aulia. 2016. Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Bentuk Roda Keberuntungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi. Universitas Islam Negeri Radeh Fatah. 113 Dwi

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

Haq, A. (2018). Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal vicratina, 3(1), 193-214.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.

Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1).

Wahyuni. 2017. P engaruh Penggunaan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Kemampuan Menulis Hanzi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Carme Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.