Analisis Kebutuhan Pengembangan Media KOKAMI tentang Eksplorasi Karir di SMP Wilayah Kota Yogyakarta

Muhammad Sinung Rakhmat Akbar Syah, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Media layanan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling saat ini sangat dibutuhkan dalam menunjang proses layanan bimbingan dan konseling. Proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling akan lebih menarik apabila guru bimbingan dan konseling sebagai fasilator dalam layanan mampu mengolah media layanan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga ketercapaian tujuan dalam layanan bimbingan dan konseling dapat dilaksanakan dengan maksimal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada beberapa guru SMP di wilayah Kota Yogyakarta masih banyak ditemukan beberapa sekolah yang belum memanfaatkakn media dalam layanan bimbingan dan konseling seperti KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) sebagai sarana dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terkhusus dalam layanan bidang karir. Pada tahap awal perlu diketahui analisis kebutuhan terhadap pengembangan media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) tentang eksplorasi karir untuk siswa SMP di wilayah Kota Yogyakarta. Media KOKAMI yang dikembangkan ini memiliki yaitu kotak yang didalamnya terdapat kartu misteri, kartu tersebut terdiri dari 4 jenis diantaranya kartu deskripsi, kartu rintangan, kartu zonk, dan kartu pribadi. Analisis kebutuhan merupakan dari penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh yaitu berbentuk kualitatif. Hasil analisis kebutuhan ini menunjukkan bahwa guru dan peserta didik di beberapa SMP wilayah Kota Yogyakarta membutuhkan media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) sebagai media dalam layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) tentang eksplorasi karir untuk siswa SMP di wilayah Kota Yogyakarta, untuk membantu guru dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling serta memfasilitasi peserta didik dalam proses layanan bimbingan dan konseling dalam bidang karir.


Full Text:

PDF

References


Desmita, D. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Faturrahman, L. Y., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Kokami Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pemenang. Progres Pendidikan, 2(1), 55–63. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.123

Gammara, S. A., & Subroto, W. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Dan Kartu Misterius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 1–6.

Isnaini, M., Utami, L. S., & Marga, K. M. (2018). Pengaruh Media KOKAMI ( Kotak dan Kartu Misterius ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII. Orbita. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4 (2)(November), 18–25.

Mudjiono, & Nursalim, M. (2010). Media bimbingan dan konseling. Unesa Universitas Press.

Multiyaningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. UNY Press.

Priyatno, T. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5 (1), 49–56.

Rusiana, Y. (2014). Penggunaan Media KOKAMI pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3 (4), 183–192.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.