PENGEMBANGAN MODUL KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 BANTUL

Mita Dian Sari, Dody Hartanto

Abstract


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring (dalam jaringan) diterapkan hampir diseluruh instansi pendidikan di Indonesia. Hal ini sebagai antisipasi langkah penyebaran atau pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Kegiatan ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, pada kenyataannya PJJ secara daring ini memunculkan berbagai macam permasalahan, salah satunya permasalahan kejenuhan belajar pada siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dibutuhkan media modul yang dapat menunjang terlaksananya layanan bimbingan dan konseling untuk mengurangi kejenuhan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media modul self management dalam belajar dalam jaringan (daring) untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Bantul berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan RnD (research and development) dengan pendekatan penelitian Borg and Gallsampai dengan tahap ke 5 yaitu research and information collection (pencarian dan pengumpulan data), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), preliminary field and testing (uji coba lapangan awal), dan main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan layanan bimbingan dan konseling khususnya konseling kelompok dengan media modul self management untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di MTs Negeri 4 Bantul. Hasil penilaian uji ahli yang diperoleh dari pengembangan modul self management untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa memperoleh hasil penilaian uji materi sebesar 76,8 dengan kategori sangat baik, uji ahli media memperoleh penilaian sebesar 91,2 dengan kategori sangat baik dan dari ahli layanan bimbingan dan konseling memperoleh nilai sebesar 95 dengan kategori sangat baik. Akumulasi nilai uji ahli memeperoleh nilai sebesar 87,7 dengan kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan media layanan bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6.

Atsani, K. L. M. Z. (2020). Tranformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Bakhtiar, Muhammad Ilham., Wulandari, Ratna., & Marlina, Erni. (2019). Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Konseling Berbasis Teknologi Aplikasi Google Classroom. PROCEEDING Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.

Borg & Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman

Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(3).

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar, Sosalisasi KTSP 2008.

Diknas. (2004). Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Ernawati, I. (2017). UJI Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server . Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 205-210.

Gall, M. P. (2003). Educational Research An Intrduction. USA: Pearson Education.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (2020). Situasi Virus Corona. diakses pada 06 November 2020. https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/.

Ilham Anwar. (2010). Pengembanga Bahan Ajar Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Karo-Karo, Isran Rasyid., Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal AXIOM Vol. VII No. 1. UIN-SU Medan.

KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses online pada tanggal) 3 Maret 2021.

Kementerian Kesehatan Negara Republik Indonesia. (2020). Usulan PSBB bisa Jadi Solusi Covid-19 Permenkes No 9 Atur Tata Caranya. diakses pada 06 November 2020. http://sehatnegeriku.kemkes.go.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Diakses pada 06 November 2020. http://pgdikmen.kemendikbud.go.id.

Lorig, Kate R., & Holman, Halsted R. (2003). Self Management Education : History, Definition, Outcomes, and Mechanism. Ann Behav Med 2003, 26 (1). Stanford University School of Medicine.

Mubarok, M. I. (2018). “Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Ningsih, L. N. (2020). Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu. Skripsi. FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan . Yogyakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Priyono, Edy., Buditjahjanto. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran EDU-Game Adventure Pada Standar Kompetensi Menginstalisasi PC Di SMKN 1 Tuban. Universitas Negeri Surabaya.

Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran , 127-144.

Rinawati, Desy & Darisman, Eka Kurnia. (2020). Survei Tingkat Kejenuhan Siswa SMK Belajar Di Rumah Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal of Science and Education (JSE). Vol. 1 No. 1 2020, 32-40.

Rohman, M. A. (2018). Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Rustam, A., Masyur, A. I., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2019). Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik konseling Self management untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik (Sebuah rancangan awal penelitian pre-eksperimen). JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 4(2).

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan : pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slivar, B. (2001). The Syndrome of Burnout, Self Image, and Anxiety With Grammar School Student. Horizons of Psychology, 10, 2, 21-32.

Suwanto, Insan. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1 Maret 2016. Page 1-5.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thalia. (2020). Gaya Hidup Orang Percaya Berdasarkan Mazmur 91: 1-16 dalam Menyikapi Masalah Virus Corona (Covid-19) Masa Kini. Institut Agama Islam Kristen Negeri Toraja.

Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Ulama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.