EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI

Millennia Eka Oktaviani, Afrida Rahma Fauziah, Tya Fitria Nur, Siti Muyana

Abstract


Fenomena akhir akhir ini pada saat pandemic COVID-19 yang sering terjadi pada siswa merupakan Kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar merupakan suatu kondisi mental individu ketika mendapati kebosanan dan penat yang luar biasa sehingga menyebabkan munculnya rasa enggan, letih, kurang bersemangat saat melakukan kegiatan belajar. Kejenuhan belajar sangat berdampak sekali terhadap hasil belajar dan prestasi akademik siswa. Salah satu usaha konselor adalah menerapkan pendekatan behavioral khususnya menggunakan Teknik relaksasi guna menekan kejenuhan belajar peserta didik. Dengan adanya layanan Konseling Kelompok menggunakan teknik relaksasi dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa selama pandemic COVID-19. Karena di saat pandemic COVID-19 ini banyak siswa yang mengeluh merasakan kejenuhan belajar,seperti tugas yang banyak,waktu pengumpulan tugas yang saling berdekatan,dan juga ketika akan UAS tugas semakin banyak dan menumpuk hal tersebut membuat siswa merasakan kejenuhan belajar. Di tambah juga dengan kondisi belajar di rumah membuat siswa semakin merasa jenuh. Dengan adanya konseling kelompok ini bertujuan agar dapat menggabungkan dan memililih siswa yang mempunyai permasalahan yang sama kemudian di kumpulkan dan di laksanakan melalui virtual gmeet yang di pandu oleh konselor. Sehingga dapat mengentaskan permasalahan siswa.Nantinya konselor akan berdiskusi dengan siswa mengenai kejenuhan belajar ini. Dan siswa menjadi peran utama yang aktif dalam layanan konseling kelompok ini. Siswa akan memberikan argument,tanggapan dan solusi untuk kejenuhan belajar ini. Kemudian konselor barulah merangkum dan menyimpulkan dari argument yang telah di sampaikan oleh siswa dengan menerapkan pendekatan behavioral teknik relaksasi.


Full Text:

XML

References


Rohman, M. A. (2018). Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mardianti, M. (2013). Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa Mts Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(1), 14-27.

Sujaya, I.P., Sulastri, M.,& Suranata, K. (2013). Relaksasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Relaksasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Ii, B. A. B., & Teori, L. (2016). Bimbingan Konseling Dan Konseling Kelompok. Bimbingan Knseling, 7–22.

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non- randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi COVID-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 01/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Dk, 53(9), 1689– 1699.

Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Bk Unesa, 5(1), 1–10.

Iii, B. A. B. (2016). Suci Dwi Lestari, 2016 PENGARUH ATTACHMENT STYLE DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI PADA PECANDU NARKOBA YANG MENJALANI REHABILITASI DI BANDUNG Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 37–56.

Muhson, & Ali. (2020). Teknik pengumpulan data proses penelitian jenisnya : jenisnya : 1–22.

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,9(3), 292–304.

Pratama, a D. (2017). Peran Orang Tua dan Keteladanan Guru Dalam Peningkatan Minat Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2016/2017. Metode Penelitian, 1, 22– 40.

Vina Marentika. 2021. Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar dalam jaringan pada mahasiswa dimasa pandemic COVID-19. Universitas Islam Negeri Intan Lampung | repository.radenintan.ac.id.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.