PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, MOTIVASI DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK BERWIRAUSAHA

Miftahul Janah, Nugraheni Rintasari

Abstract


Abstract: This study aimed to determine the effect of using e-commerce, motivation, and utilization of accounting information systems in making decisions for entrepreneurship. The research method used is quantitative analysis. The population in this study were active undergraduate accounting students who had taken entrepreneurship and accounting information systems courses at Ahmad Dahlan University, Yogyakarta. The sampling technique used was the purposive sampling method. This study collected primary data by distributing questionnaires directly to 100 respondents and processed them using Smart PLS 4.0. The results of the study state that the use of E-commerce has a significant effect on entrepreneurial decisions, motivation has a significant effect on entrepreneurial decisions and the use of Accounting Information Systems has a significant effect on entrepreneurial decisions. The research contribution is to provide the benefits of developing knowledge in the field of entrepreneurship as well as being a reference and comparison for further studies and increasing understanding of the use of E-commerce, motivation, and utilization of Accounting Information Systems in entrepreneurship.

Keywords: E-commerce, Motivation, Accounting Information Systems, Entrepreneurship

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan ecommerce, motivasi dan pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 akuntansi yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan dan sistem informasi akuntansi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. pada penelitian ini data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada 100 responden dan diolah dengan smart PLS 4.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan E-commerce berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha, motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha dan pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Kontribusi penelitian adalah memberikan manfaat pengembangan ilmu dalam bidang berwirausaha dan juga menjadi referensi dan perbandingan untuk penelitian-penelitian selanjutnya, serta menambah pemahaman mengenai penggunaan E-commerce ,motivasi dan pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi dalam berwirausaha.

Kata kunci: E-commerce, Motivasi, Sistem Informasi Akuntansi, Kewirausahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.