ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, BUDAYA ORGANISASI DAN FAKTOR INTERNAL : PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMK BATIK DI YOGYAKARTA

Irmawati Irmawati, Khusnul Hidayah

Abstract


Abstract: This study aims to determine the extent of the influence of entrepreneurial orientation, organizational culture, and internal factors on the performance of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) specializing in Batik in Yogyakarta. The method used in this research is a quantitative descriptive method employing multiple linear regression equations, with a total sample size of 75 respondents. Data collection was conducted using a questionnaire to gather both X and Y data.The research findings indicate that entrepreneurial orientation (X1) does not have a significant effect on performance (Y). This can be observed from the results of the partial T-test, where the obtained significance value is 0.069, which is greater than 0.05. This result indicates that the alternative hypothesis Ha is rejected, and the null hypothesis Ho is accepted. On the other hand, the research results show that organizational culture (X2) has a significant influence on the performance of MSMEs specializing in Batik (Y). This is evident from the results of the partial T-test, where the obtained significance value is 0.015, which is smaller than 0.05. This result indicates that the alternative hypothesis Ha is accepted, and the null hypothesis Ho is rejected. However, the research results demonstrate that internal factors (X3) do not have a significant influence on the performance of MSMEs specializing in Batik (Y). This is evident from the results of the partial T-test, where the obtained significance value is 0.117, which is greater than 0.05. This result indicates that the alternative hypothesis Ha is rejected, and the null hypothesis Ho is accepted. The Adjusted R-squared value of 0.412 indicates that the combined influence of entrepreneurial orientation, organizational culture, and internal factors on Batik performance in Yogyakarta is 41.2%. The remaining variance is influenced by other variables not mentioned in this study. This research is expected to contribute to readers, especially micro and small business practitioners, to enhance their business performance.

Keywords: entrepreneurial orientation, organizational culture, internal factors, performance

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi kewirausahaan, budaya organisasi dan faktor internal terhadap kinerja UMK Batik di Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 75 responden. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner untuk mengetahui data X dan data Y. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah orientasi kewirausahaan (X1) tidak berpengaruh terhadap kinerja (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T (parsial) dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0,069 lebih besar daripada 0,05 yang berarti membuktikan hipotesis Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil penelitian yang diperoleh budaya orgnaisasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMK (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T (parsial) dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0,015 lebih kecil dari pada 0,05 yang berarti membuktikan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian fakor internal (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMK (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T (parsial) dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0,117 lebih besar dari pada 0,05 yang berarti membuktikan hipotesis Ha ditolak dan Ho diterima. Nilai Adjusted R square sebesar 0,412 menunjukan bahwa pengaruh orientasi kewirausahaan, budaya organisasi dan faktor internal terhadap kinerja Batik di Yogyakarta sebesar 41,2%. Sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Peneliti ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pembaca, khususnya pada pelaku usaha mikro dan kecil agar dapat meningkatkan kinerja usahanya.

Kata kunci:  orientasi kewirausahaan, budaya organisasi, faktor internal, kinerja UMK


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P., & Cahyono, Y. T. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Coca-Cola Distribution Surakarta.1–15. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39061%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/39061/1/Naskah Publikasi.pdf

Febriani, C. P., Nisa, N. K., Kharismawan, P., Putra, Y. K., Prianjani, A. M., Aldora, N., Nugroho, Y., Adawiyah, W. R., Nurfitri, T., & Gumintang, B. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi UKM Kewirausahaan Bursa FEB UNSOED. Rural Tourism and Creative Economy to Develop Sustainable Wellness, 977–984.

Fibriyani, V., & Mufidah, E. (2018). Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Pasuruan. Jurnal Akuntansi, 3(3), 873. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.190

Hidayatullah, S., Bakar, H. A., & Nur, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Kewirausahaan terhadap Pendapatan pada Usaha Piscok Super Makassar. Economics Bosowa Journal, 5(001), 189–202.

Hoiron, M., Wahyudi, E., & Puspitaningtyas, Z. (2019). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Keunggulan Bersaing Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Di Kabupaten Lumajang. Majalah Ilmiah DIAN ILMU, 18(1), 37–53. https://doi.org/10.37849/midi.v18i1.108

Humam, T. A., & S.E., M.M., A. N. P. (2022). Analisis Pengaruh Entrepreneurial Orientation Terhadap Performance yang di Mediasi Oleh Marketing Capability pada Perusahaan Start Up. 88. http://eprints.ums.ac.id/103001/

Iranita, I., & Roni, K. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan Bisnis, Media Sosial Dan Self Efficacy Terhadap Perkembangan Umkm Sektor …. 633–645. http://repositori.umrah.ac.id/913/

J.S Gunawan, A. S., & Yuniza, R. (2020). CURRENT Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 1(1), 89–105.

Kartika, C., Pemasaran, P. M., Ekonomi, F., Putra, U. W., Pemasaran, P. M., Ekonomi, F., Putra, U. W., & Kunci, K. (2017). PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION , CULTURE ORGANIZATION INTERNAL FACTOR TERHADAP PERFORMANCE ORGANIZATION MELALUI CORPORATE ENTREPRENUERSHIP CAPABILITY PADA UMKM BATIK TULIS DI JAWA TIMUR Soenarmi Entrepreneurial Orientation , Culture Organization , I. 14(2), 148–175.

Kesuma, D., & Istanto, Y. (2021). Pengaruh entrepreneurial orientation, market orientation dan innovation product terhadap market performance saat pandemi covid-19. KINERJA (Jurnal Ekonomi& Manajemen), 18(2), 239–247. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

ahyuni, S., Nugroho, W. S., Purwantini, A. H., & Khikmah, S. N. (2021). Pengaruh E-Commerce , Budaya Organisasi , Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, September, 287–300.

Welsa, H. (2018). Pengaruh Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Usaha Serta Kinerja Usaha Rumah Makan Padang Di Daerah Istimewa Yogyakarta. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 13(3), 371–387. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2009.v13.i3.389

Wusko, A. U., & Nizar, M. (2017). Pengaruh Entrepreneur Orientation dan Market Orientation Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UKM di Kabupaten Pasuruan. Journal Knowledge Industrial Engineering, 4(3), 72–84. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie/article/view/863/727

Yusuf, M. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Militer Resimen Induk Komando Daerah Militer VII/Wirabuana Di Sulawesi. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 219–236. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=894869&val=13321&title


Refbacks

  • There are currently no refbacks.