MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMASARAN ONLINE MELALUI PELATIHAN INSTAGRAM BUSINESS BAGI KELOMPOK USAHA BATIK TIN KAMPUNG CERIA SURABAYA

Yetty Dwi Lestari, Dian Ekowati Ekowati, Tri Siwi Agustina, Hardi Hardi, Gancar Candra Premananto

Abstract


Abstract: The Business Group of Batik Tin Kampung Ceria Surabaya is a new player in the creative industry of traditional batik in Surabaya. The uniqueness of this traditional batik is in the “Tin” fruit and its elements that are always present on every strand of batik. Batik Tin was made by 15 residents of Kampung Ceria, Sumber Mulyo street, Gundih Village, Bubutan District of Surabaya City has been inaugurated by the Mayor of Surabaya in July 2022. As a new player who hopes that this written batik can be known both by Surabaya residents and the wider community. Therefore, community service activities of the S1 Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Airlangga chose to use Instagram Business as a marketing communication tools. The community service partner is the manager and member of the Batik Tin Kampung Ceria Surabaya’s Business Group. The community service consists of 4 lecturers and 17 students of the S1 Management study program, Faculty of Economics and Business, Universitas Airlangga. The  activity will be carried out on July 16, 2023 at Balai RW 04 Jl. Sumber Mulyo. Surabaya and followed by 15 participants consisting of managers and members of business groups. Activities are carried out by delivering material in theory and practice about Instagram Business. In its implementation, the participants were very enthusiastic in participating in this community service activity because they felt helped in operating Instagram Business.  In addition, there is an increase in knowledge about the use of Instagram Business as a sales platform. The advice given is that this application can be used regularly so that the goal of introducing Batik Tin Kampung Ceria to the wider community can be achieved and the impact is felt on increasing sales omzet.

Keywords: Batik, Business, Instagram,Surabaya,Tin

 

Abstrak: Kelompok Usaha Batik Tin Kampung Ceria Surabaya adalah pemain baru dalam industri kreatif batik tulis di Kota Surabaya. Keunikan  batik tulis ini adalah pada buah Tin dan elemen-elemnya yang selalu ada pada setiap helai batik yang dibuat oleh 15 orang warga Kampung Ceria, jalan Sumber Mulyo, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya  ini telah diresmikan pendiriannya oleh Walikota Surabaya pada bulan Juli tahun 2022. Sebagai pemain baru yang memiliki harapan agar batik tulis ini dapat dikenal baik oleh warga Surabaya maupun masyarakat luas. Oleh sebab itu, kegiatan  pengabdian kepada masyarakat Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga memilih pada pemanfaatan Instagram Business sebagai alat komunikasi pemasaran. Mitra pengabdian adalah pengelola dan anggota Kelompok Usaha Batik Tin Kampung Ceria Surabaya. Tim Pengabdian terdiri dari 4 orang dosen dan 17 orang mahasiswa program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kegiatan pengabdian dilakukan pada 16 Juli 2023 bertempat di Balai RW 04 Jl. Sumber Mulyo. Surabaya dan diikuti 15 orang peserta yang terdiri dari pengelola dan anggota kelompok usaha.  Kegiatan dilaksanakan  dengan penyampaian materi secara teori dan praktik tentang Instagram Business. Dalam pelaksanaannya, para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini karena merasa terbantu dalam mengoperasikan Instagram Business.  Selain itu terjadi peningkatan  pengetahuan tentang pemanfaatan Instagram Business sebagai platform penjualan. Saran yang diberikan adalah aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara rutin agar tujuan untuk mengenalkan Batik Tin Kampung Ceria pada masyarakat luas dapat tercapai dan dampaknya dirasakan pada peningkatan omset penjualan.

Kata kunci: Batik, Bisnis, Instagram, Surabaya, Tin


Full Text:

PDF

References


Bidang Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota. (2022). GUNDIH SURABAYA DIRESMIKAN SEBAGAI KAMPUNG CERIA DAN BATIK TIN. Surabaya.Go.Id. https://www.surabaya.go.id/id/berita/67631/gundih-surabaya-diresmikan- diakses pada 9 Agustus 2023

Christanti, M. F., Mardani, P. B., & Sembada, W. Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Konten Instagram Desa Baros ,. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(2), 116–121.

https://indonesiabaik.id/. (2023). Orang Indonesia Makin Melek Internet. Https://Indonesiabaik.Id/. https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet#:~:text=Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara,sebanyak 210%2C03 juta pengguna diakses pada 9 Agustus 2023

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, 11(2), 217–225. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Kusnaedi, I., & Dewanto, I. S. (2022). Workshop Eksplorasi Smartphone dalam Pembuatan Foto Profesional untuk Produk dan Jasa UMKM Komunitas Le93nd di Bandung. 1(1), 1–12.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Muchayan, A., Artaya, I. P., & Kamisutara, M. (2022). Implementasi Digital Marketing Melalui Instagram Bagi Kelompok Pengrajin Batik BELVA di Bangkalan Madura. Madaniya, 3(2), 176–186. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/161

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pujiati, D., Setiyoko, N., Diptyana, P., & Marta, L. S. (2022). ETAM : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Pelatihan Pengembangan Konten Digital Marketing Berbasis E- PEKEN di Leny Catering – Surabaya TRAINING FOR DIGITAL MARKETING CONTENT BASED ON E-PEKEN APPLICATION IN LENY CATERING – SURABAYA ETAM : Jurnal Pengabdi. ETAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 148–155. https://peken.surabaya.go.id/

Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM ) Kecamatan Lengkong Kota Bandung. 02(02), 205–211.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118–133. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143


Refbacks

  • There are currently no refbacks.