Resiliensi Akademik: Peran Harga Diri dan Regulasi Diri dalam Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Dian Ekawati, Nabila Putri Azvitasya, Latifa Nur Mahmuda

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan bentuk sekolah vokasi dengan penekanan kapabilitas siswa dalam praktikal dan kesiapan langsung kerja. Berbagai pembatasan pada masa penyusun COVID-19 menghambat proses belajar siswa SMK, yang sebagian besar berupa praktik. Besarnya tantangan tersebut menunjukkan pentingnya resiliensi akademik untuk dapat dimiliki para siswa. Resiliensi akademik merupakan kemampuan untuk meningkatkan keberhasilan dalam belajar meski mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self-esteem dan self-regulated learning terhadap resiliensi akademik pada siswa SMK.  Skala self-esteem, skala self-regulated learning, dan skala resiliensi akademik digunakan sebagai pengumpul data. Siswa SMK kelas X dan XI merupakan populasi pada penelitian ini, dengan cluster random sampling sebagai teknik sampling yang digunakan untuk memilih partisipan penelitian. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Adapun hasilnya diperoleh self-esteem dan self-regulated learning secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap resiliensi akademik siswa SMK. Perhitungan juga dilakukan untuk mengukur besaran sumbangan efektif dari masing-masing variabel bebas. Penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk enyusun program peningkatan resiliensi akademik, dengan aktivitas yang dapat meningkatkan self-esteem dan self-regulated learning siswa.


Keywords


harga diri, pandemic covid-19, resiliensi akademik, regulasi diri dalam belajar, siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. (2017). Pengaruh resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap student engagement pada santri mukim pondok pesantren nurul Islam karangcempaka sumenep. (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Azwar, S. (2014a). Dasar – dasar psikometri. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014b). Penyusunan skala psikologi (edisi 2). Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self efficacy : The exercise of control. Freeman and Company.

Bernard, Β. (1991). Fostering Resiliency in Kids: Protective Factors in the Family, school, and Community. CA: WestEd Regional Educational Laboratory.

Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: The role of academic self-efficacy. Frontiers in Psychology, 6, 1781.

CNN Indonesia. (2020, April 27). Survei KPAI: Guru tak interaktif selama belajar dari rumah.

Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT. Imtima.

Febriyatko, A. (2021, August 15). Pandemi covid-19 dan strategi pembelajaran jarak jauh.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi psikologis: sebuah pengantar Kencana.

Irwanto. (2023). Kendala pembelajaran daring bagi pelajar SMK di se-kota Serang Banten pada pandemic covid-19. Vocational Education National Seminar (VENS), 1(1), 133–141.

Jowkar, B., & dkk. (2014). Academic resilience in education: the role of achievement goal orientations. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(1), 33.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281.

Mohan, V., & Verma, M. (2020). Self-regulated learning strategies in relation to academic resilience. Voice of Research, 9(3), 27–34.

Pitaloka, R. A. (2021). Hubungan problem focused coping dan resiliensi akademik pada pelajar di SMP negri 2 Tambang Kabupaten Kampar. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negri Sultan Syaruf Kasim Riau).

Putranto, P. P. (2020, August 14). Susah sinyal susah belajar.

Putri, P. R. A. (2015). Hubungan antara self regulated learning dan kelekatan remaja awal terhadap ibu dengan prestasi belajar siswa SMP N 6 Denpasar. Universitas Udayana.

Rahmida, N., & dkk. (2021). Problematika pembelajaran daring pada sekolahdasar di kabupaten pinrang pada masa pandemic covid -19. Pinisi Journal of Education, 1(2), 26–37.

Rosenberg, M. (1976). Beyond self-esteem: The neglected issues in self-concept research. Paper Presented at the Annual Meetings of the ASA.

Salsabela, N. (2021). Hubungan antara sef-esteem dengan resiliensi akademik pada masa pandemic covid-19 mahasiswa fakultas psikologi universitas islam negri sultan syarif kasim riau. SKRIPSI. Tidak diterbitkan. In Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 1(1), 191–197.

Sujadi, E., Yandri, H., & Juliawati, D. (2021). Perbedaan Resiliensi Siswa Laki-laki dan Perempuan yang Menjadi Korban Bullying. Psychocentrum Review, 3(2), 174–186.

Wahyuni, E., & Wulandari, V. S. (2021). Resiliensi Remaja dan Implikasinya terhadap Kebutuhan Pengembangan Buku Bantuan. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 79–88.

Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self regulated learning academic learning. Journal of Educational Psychology. Journal of Educational Psychology, , 81(3), 329–339.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.