Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Atlet UKM Futsal Universitas Ahmad Dahlan

Siba Nopansah Putrado, Muhammad Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada atlet UKM Futsal Universitas Ahmad Dahlan. Subjek penelitian ini adalah anggota atau atlet UKM Futsal Universitas Ahmad Dahlan berjumlah 50 anggota yang dipilih menggunakan Sampling Insidental/Accidental Sampling. Data dianalisis dengan teknik product moment dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis korelasi dukungan sosial dengan kepercayaan diri menunjukkan nilai (r) sebesar 0,968 dengan taraf signifikansi (p) = 0,000 (p<0,01). Analisis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima dan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada atlet UKM Futsal Universitas Ahmad Dahlan. Sumbangan efektif dari dukungan sosial terhadap kepercayaan diri yaitu sebesar 93,7%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada atlet UKM Futsal Universitas Ahmad Dahlan. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh maka semakin tinggi kepercayaan diri. Begitupun sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial yang diperoleh maka semakin rendah tingkat kepercayaan diri pada atlet.


Keywords


atlet, dukungan sosial, kepercayaan diri

Full Text:

PDF

References


American Psychological Association. (2015). APA Dictionary of Psychology Second Edition. American Psychological Association.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.

Effendi, H. (2016, Desember). Peranan Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet. Nusantara, 1, 22-30.

Lauster. (2012). Tes Kepribadian. Diterjemahkan oleh D.H. Gulo dari buku asli The Personality Test. Gaya Media Pratama.

Mildawani. (2014). Membangun Kepercayaan Diri. Lestari Kiranatama.

Nisa, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36–45.

Ningsih, F. R., Awalya. (2020). Hubungan Antara Harga Diri dan Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMK Nusa Bhakti Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Noviyanti, S. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Atlet Beladiri di PPLP Sumatera Utara. Universitas Medan Area.

Pamungkas, A. A. (2011). Persepsi Terhadap Cidera dan Kepercayaan Diri pada Atlet Tae Kwon Do Wanita. Jurnal Psikologi, 3(2), 108–112.

Priwanti, T.R., Puspitawati, I., & Fuad, A. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Orang Tua Dengan Anak Down Syndrome. Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma.

Santrock, J. W. (2005). Adolescene: Perkembangan remaja (Edisi Keenam). Erlangga.

Sarafino, E. P. (2008). Health psychology: Biopsychosocial interactions 6th ed. JohnWilley & Sons, Inc.

Sarafino & Timothy. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interactions. Wiley.

Sestiani, R., Abdul Muhid, A. (2021). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Tahki, K. (2017). Peran Pelatihan Mental dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Atlet Renang Sekolah Ragunan. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 2(1), 9-14.

Wikipedia. (2020). Futsal. HYPERLINK "https://id.wikipedia.org/wiki/Futsal" https://id.wikipedia.org/wiki/Futsal .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.