Hubungan antara Harga Diri dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Skincare Pada Mahasiswi Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Pengguna E-commerce Shopee

Khairunnisa Eka Rahmadini, Siti Muthia Dinni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara harga diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk skincare pada mahasisiwi Farmasi Universitas Ahmad Dahlan pengguna e-commerce Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan skala yaitu skala perilaku konsumtif, skala harga diri, dan skala konformitas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswi Farmasi Angkatan 2021 Universitas Ahmad Dahlan pengguna e-commerce Shopee yang berjumlah 120 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 19.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi antara variabel harga diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif diperoleh R = 0,502 dengan nilai p = 0,000 (p<0,01) sehingga hipotesis mayor diterima. Kemudian, terdapat hubungan negatif dan sangat signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif diperoleh koefisien korelasi r = -0,367dan p = 0,000 (p<0,01). Selanjutnya, terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara konformitas dengan perilaku konsumtif diperoleh koefisien korelasi r = 0,289 dan p = 0,000 (p< 0,01). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sumbangan efektif harga diri sebesar 15,23%. Sumbangan efektif konformitas sebesar 9,99% sehingga total sumbangan efektif harga diri dan konformitas sebesar 25,22% dan sisanya sebesar 74,78% dipengaruhi oleh error penelitian.


Keywords


harga diri, konformitas, perilaku konsumtif, produk skincare, shopee

Full Text:

PDF

References


Abumalloh, R. A., Ibrahim, O., & Nilashi, M. (2020). Loyalty of young female arabic customer towards recommendation agents: A new mode for b2c e-commerce. Technology in Society, 61, 101253. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101253

Addis, G. T., Yimer, Y. S., Dagnew, S. B., Moges, T. A., Assefa, A. N., Alemu, M. A., & Tadesse, T. Y. (2024). Cosmetic use and related negative effects among graduate university female students in ethiopia: A multicenter cross-sectional study. Journal of Public Health, 32(2), 237-245. https://doi.org/10.1007/s10389-022-01815-y

Apriliani, D., Burmanajaya, B., Widyarti Utami, T., & Wahyudi, U. (2020). Gambaran body image dan social comparison pada remaja putri pengguna sosial media instagram di sman 5 kota bogor tahun 2020. Doctoral dissertation. Poltekkes Kemenkes Bandung.

Arum, D., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi pengguna e-commerce shopee. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 92-102. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41717

Astuti, C. N., & Kusumiati, R. Y. (2021). Hubungan kepribadian neurotisme dengan fear of missing out pada remaja pengguna aktif media sosial. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2), 245-258. https://doi.org/10.23887/jibk.v12i2.34086

Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. Freeman and Company.

Devita, M., Nawawi, Z. M., & Aslami, N. (2021). Shopee's e-commerce marketing strategy in international business. Journal of Social Research, 1(1), 27-31. https://doi.org/10.55324/josr.v1i1.3

Dewi, A. E., Noviekayati, I. G. A. A., & Rina, A. P. (2020). Social comparison dan kecenderungan body dissatisfaction pada wanita dewasa awal pengguna instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 173-180. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sukma/article/view/4467

Dewinda, C., & Susilarini, T. (2021). Hubungan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik lipstick maybelline. Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1-7. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/950

Durandt, D. C., & Wibowo, D. H. (2021). Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pakaian pada remaja akhir. Journal of Psychology Humanlight, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.51667/jph.v2i2.679

Fromm, E. (1995). Masyarakat yang sehat (Bambang, T, M, Penerjemah). Yayasan Obor.

Fromm, E. (1995). The sane society. British LibraryCataloguing in Publication Data.

Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Khafida, A. A., & Hadiyati, F. N. R. (2020). Hubungan antara koformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif pembelian skincare di marketplace pada remaja putri sman 1 kendal. Jurnal Empati, 8(3), 588-592. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26501

Khairalita, Z., & Susilarini, T. (2023). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan pembelian kompulsif terhadap produk skincare innisfree pada mahasiswi psikologi angkatan 2018 di Universitas Persada Indonesia YAI. Psikologi Kreatif Inovatif, 3(2), 43-52. https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v3i2.2161

Malipungi, H. W., & Sadriani, A. (2023). Perilaku konsumtif mahasiswi FIS UNM pada pembelian produk makeup dan skincare. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 3(3), 283-290.

Nofriansyah, & Marwan. (2019). Effect of self-concept, reference group, online shop social-media, and lifestyle on consumptive behavior of students. Advances in Economics, Business and Management Research, 538–549. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/piceeba-19.2019.59

Pradipta, P., & Kustanti, E. R. (2021). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif mahasiswa di coffeeshop semarang. Jurnal Empati, 10(3), 167-174. https://doi.org/10.14710/empati.2021.31280

Ramlah, S., LB, P. L., & Irawati, I. (2021). Sistem pakar penentuan komposisi skincare berdasarkan karakteristik jenis kulit menggunakan metode certainty factor. Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI), 2(1), 36-42. https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.734

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1991). Psikologi sosial (edisi ke-5). Erlangga.

Sears, D. O., Peplau, L. A., & Taylor, S. E. (2009). Psikologi sosial (edisi ke-12). Kencana Prenada Media Group.

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh belanja online terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi di masa pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 5(1), 53-65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372

Simamora, J., & Rosito, A. C. (2023). Hubungan konformitas terhadap perilaku konsumtif membeli produk skincare pada remaja putri. Journal Of Social Science Research, 3(4), 6409-6422. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4290

Sofiana, I. I., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis Universitas X Semarang. Jurnal Empati, 9(1), 58-64. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26922

Srilestari, P. P., & Santoso, R. (2024). Pengaruh penggunaan paylater, gaya hidup hedonis dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif konsumen online shopee pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 surabaya. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 4(7), 145-158. https://doi.org/10.8734/musytari.v4i7.2586

Sudarisman, H. S. V. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi. Acta Psychologia, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43308

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku konsumen. CV Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.