Art Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA yang Mengalami Permasalahan Keluarga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbing, A, et al. (2018). The effectiveness of art therapy for anxiety in adults: A systematic review of randomised and non-randomised controlled trials. PloS one, (vol. 13 ). Di Unduh dari: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0208716
Adelia, Y., Taufik, T., & Nurfarhanah, N. (2013). Hubungan antara Pengetahuan tentang Menarche dengan Kecemasan Siswi. Konselor, 2(1).
Ahmad, H., Wurru, L. L., & Maharani, J. F. (2021). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan Nw Belencong Tahun Pelajaran 2019/2020. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1).
Az-Zahrani, Musfir bin Said. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani
Clark, D.A. & Beck, A.T. (2012). Anxiety and worry workbook: the cognitive behavioural solution. New York: The Guilford Press
Effendi, F., & Makhfudli. (2009). Keperawatan komunitas:teori dan praktik. Jakarta: Erlangga.
Ellingson, M. (1991). A philosophy for clinical art therapy. In Landgarten, H. B., Lubbers, D (Ed). Adult art psychotherapy: Issues and applications (pp. 3-20). New York, NY: Brunner/Mazel.
Hidayati, S., Baequny, A., & Fauziyah, A. (2021). Intervensi TAKS (Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi) sebagai upaya menurunkan tingkat depresi lansia. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 2(2), 64-76.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Istiantoro, D. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 626-636.
Kamila, A. (2020). Psikoterapi Dzikir Dalam Menangani Kecemasan. Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science), 4(1), 40-49.
Lutfiyah, N. U. (2021). Studi Kasus Dinamika Psikologis Penderita Depresi Mayor Dengan Riwayat Pengalaman Korban Kekerasan Oleh Orang Tua. Ristendik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 251-258.
Marmin. (2013). Kenakalan remaja sebagai permasalahan sosial dan upaya pengatasannya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1, 1, 1-9.
Musfir Az-Zahrani.(2005). Konseling Terapi . Jakarta: Gema Insani.
Persada, I. B., & Agustina, A. (2019). Penerapan art therapy dengan pendekatan kelompok untuk menurunkan kecemasan pada anak binaan di lpka tangerang. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(1), 269-275.
Rinera, I., & Retnowati, S. (2020). Pengaruh Pelatihan MBSR terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Baru. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology (Gamajpp), 6(2), 205-216.
Rubin, J. A. (2010). Introduction to art therapy: Sources & resources. New York, NY: Routledge
Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 2 : Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi-reaksi Simtom Khusus, Gangguan Penyesuaian Diri Anak-anak Luar Biasa, dan Gangguan Mental yang Berat. Yogyakarta : Kanisius
Wijaya, Y. (2022). Penanganan Kecemasan pada Remaja Menggunakan Intervensi Art Therapy: Anxiety Treatment in Adolescence Using Art Therapy Interventions. Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 1(01), 21-28.
Refbacks
- There are currently no refbacks.