HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep diri dan perilaku over protective orang tua terhadap penyesuaian diri remaja. Sampel dalam penelitian ini adalah 157 remaja SMA Negeri 4 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri, skala perilaku over protective orang tua, dan skala penyesuaian diri. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar R=(0,736 p < 0,01) yang artinya ada hubungan antara konsep diri dan perilaku over protective orang tua terhadap penyesuaian diri remaja. Hasil analisis hipotesis minor pertama diperoleh koefisien korelasi sebesar R = 0,735 p < 0,01) yang artinya ada hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri remaja. Hasil analisis hipotesis minor kedua diperoleh koefisien korelasi sebesar R=(-0,136 p >0,05) yang artinya ada hubungan negatif antara perilaku over protective orang tua dengan penyesuaian diri remaja namun tidak signifikan. Konsep diri dan perilaku over protective orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 54,2% terhadap penyesuaian diri, sisanya merupakan sumbangan dari faktor lain dan juga error penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acocella, J. R. & Calhoun, J. F. (1990). Psychology of adjustment human relationship (3th ed). New York: McGraw-Hill.
Adityas, E. W., Kurniawati, L., & Mustofa, A. (2017). Karakteristik marmalade jeruk sunkist (caridina cf propinqua) - nanas (ananas comosus) dengan Variasi Penambahan Gula. Jurnal Jitipari. Vol 4, 104-111.
Ahyani, L. N. & Kumalasari. F (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, Universitas Muria Kudus. 1 (1), 19-28
Ajeng H., Yasinta. (2007). Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas X SMU 2 Bantul Yogyakarta. Skripsi pada Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Amita Diananda. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya, Journal Istigna, Vol. 1 (1), 116-133
Anissa, N. (2012). Hubungan antara konsep diri dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri yang tinggal bersama keluarga suami. Jurnal Psikologi , Vol.1(1), 61-62.
A Septiani and N Y Rustaman. (2017). Implementation of performance assessment in STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Education to detect science process skill. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 812 (2017) 012052 1-6 doi:10.1088/1742- 6596/812/1/012052
Hurlock, Elizabeth B. (2003). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Churniyawati, R. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X MAN 3 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Haqqi, A., Nur Aini, N., & Permana Wicaksono, A. (2020). Analisis faktor penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat Inap Di Rs Universitas Airlangga. J-REMI : Jurnal rekam medik dan informasi kesehatan, 1(4), 492–501.
Malau, R. Y., & Nasution, F. Z. (2021). Hubungan antara perilaku over protective orang tua dengan penyesuaian diri remaja di Universitas Potensi Utama. Jurnal Mahasiswa Fakultas Psikologi, 2(1), 62-71.
Mutmainah & Siti Wardani Bakri Katti. (2014). Analisis pengaruh motivasi kualitas, biaya pendidikan, lama studi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Ekomaks Vol 3 (2). 107-120.
Rice, D., Nijs, J., Kosek, E., Wideman, T., Hasenbring, M. I., Koltyn, K., ... & Polli, A. (2019). Exercise-induced hypoalgesia in pain-free and chronic pain populations: state of the art and future directions. The Journal of Pain, 20(11), 1249-1266.
Semaraputri, S. A. K. T., & Rustika, I. M. (2018). Peran problem focused coping dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada remaja akhir yang menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 35-47.
Soenarto, (2008). Penelitian pengembangan research & development (R&D) sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Makalah disajikan dalam sarasehan metodologi penelitian, di program PascaSarjana UNY.
Sunarto, H., & Hartono, A. (2008). Student development. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Syarafina, N. P., & Sugiasih, I. (2021). Hubungan antara konsep diri dan perilaku over protective orang tua dengan penyesuaian diri siswa kelas VII MTs Negeri Pemalang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Yuniarti & Pratiwi. 2009. Penggunaan konseling rasional emotif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. jurnal. UNESA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.