Analisis Kondisi Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Kedokteran Ditinjau dari Faktor Demografi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena isu kesehatan mental pada mahasiswa kedokteran, dengan melihat kondisi kesejahteraan psikologis yang ditinjau dari faktor demografi jenis kelamin, usia, dan tingkat semester perkuliahan. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berjumlah 298 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah alat ukur Ryff Psychological Well-Being Scale-18 (RPWS-18) dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan keriteria 1) Mahasiswa di Fakultas Kedokteran yang sedang dalam masa studi perkuliahan antara semester 3, 5, 7 ,dan 9. 2) mahasiswa aktif yang sedang menempuh pembelajaran perkuliahan 3) bersedia menjadi sampel dalam penelitian dengan menandatangani informed consent yang sudah disiapkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan one way ANOVA sebanyak tiga kali untuk masing - masing variabel. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan kesejahteraan psikologis yang sangat signifikan antara mahasiswa kedokteran perempuan dengan mahasiswa kedokteran laki-laki, 2) tidak terdapat perbedaan kesejahteraan psikologis antara mahasiswa kedokteran dengan usia 18 hingga 22 tahun, 3) tidak terdapat perbedaan kesejahteraan psikologis antara mahasiswa kedokteran pada semester 3, 5, 7, dan 9.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dyrbye, L. N., Thomas, M. R., Massie, F. S., Power, D. V., Eacker, A., Harper, W., Durning, S., Moutier, C., Szydlo, D. W., Novotny, P. J., Sloan, J. A., & Shanafelt, T. D. (2008). Burnout and suicidal ideation among U.S. medical students. Annals of internal medicine, 149(5), 334–341. https://doi.org/10.7326/0003-4819-149-5-200809020-00008.
Fawzy M, Hamed SA. (2017) Prevalence of psychological stress, depression and anxiety among medical students in Egypt. Psychiatry Res.;255:186–94.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Haftador, A.M., Shirazi, F. & Mohebbi, Z. (2021) Online class or flipped-jigsaw learning? Which one promotes academic motivation during the COVID-19 pandemic?. BMC Med Educ 21, 499. https://doi.org/10.1186/s12909-021-02929-9
Hardjo, S., & Novita, E. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan psychological well being pada remaja korban sexual abuse. Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(1), 12–19. https://doi.org/10.31289/analitika.v7i1.856
Jahan F, Siddiqui MA, Mitwally M, Al Zubidi NSJ, Al Zubidi HSJ. (2016) Perception of stress, anxiety, depression and coping strategies among medical students at Oman medical college. World Fam Med.;14(7):16–23.
Kaligis et al., (2021). Mental health problems andneeds among transitional-age youthin Indon International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(8), 1-14. https://doi.org/10.3390/ijerph1808 4046
Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining sample size for research activities. Educational and psychological measurement, 30(3), 607-610
Lili R, Molodynski A, Farrell SM, Citraningtyas T, Kloping NA. (2022) Wellbeing and mental health among medical students in Indonesia: A descriptive study. International Journal of Social Psychiatry.;68(6):1277-1282. doi:10.1177/00207640211057709.
Mantra. 2000. Demografi Umum. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Molina-García, J., Castillo, I., & Queralt, A. (2011). Leisure-time physical activity and psychological well-being in university students. Psychological reports, 109(2), 453–460. https://doi.org/10.2466/06.10.13.PR0.109.5.453-460
Muttaqin, D. (2022). Internal Structure Evaluation on the Indonesian Version of Psychological Well-Being Scales. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 1-16.
Ogunsemi, O. O., Afe, T., Odusan, O., Oguntona, S. A., Adefuye, B. O., & Oyelekan, A. A. A. (2013). Psychological well-being of medical students in a state university, Nigeria. Research Journal of Health Sciences, 1(1), 90-98.
Philip, S., Molodynski, A., Barklie, L., Bhugra, D., & Chaturvedi, S. K. (2021). Psychological well-being and burnout amongst medical students in India: a report from a nationally accessible survey. Middle East Current Psychiatry, 28(1). https://doi.org/10.1186/s43045-021-00129-1
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727.
Sreelatha, P., Gundam, S., Arun, P. V. S. S., & Ryali, S. (2019). Psychological well-being in medical undergraduates in a rural medical college in South India. Industrial psychiatry journal, 28(2), 225–230. https://doi.org/10.4103/ipj.ipj_20_20.
Sherina, M. S., Rampal, L., & Kaneson, N. (2004). Psychological stress among undergraduate medical students. The Medical journal of Malaysia, 59(2), 207–211.
Sugiyono (2010). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach's alpha. International journal of medical education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd.
Umar, J. (2011). Perkuliahan statistika psikologi UIN Jakarta. Naskah tidak diterbitkan.
Wahed WYA, Hassan SK. (2017) Prevalence and associated factors of stress, anxiety and depression among medical Fayoum University students. Alex J Med.;53(1):77–84.
Wang, Q., & Du, T. (2020). Implementation of the college student mental health education course (CSMHEC) in undergraduate medical curriculum: effects and insights. BMC medical education, 20, 1-12.
Zhang, XQ., Zhang, BS. & Wang, MD. (2020) Application of a classroom-based positive psychology education course for Chinese medical students to increase their psychological well-being: a pilot study. BMC Med Educ 20, 323. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02232-z
Refbacks
- There are currently no refbacks.