Fenomena Anticipatory Anxiety pada Mahasiswa Perantau

Agung Putra Azis, Nina Zulida Situmorang, Elli Nur Hayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran mahasiswa perantau dalam menghadapi anticipatory anxiety pada mahasiswa perantau. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah random purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif di perguruan tinggi swasta yang sedang mengalami anticipatory anxiety di Yogyakarta ,  laki-laki dan perempuan, berada di luar domisili (perantau),  usia 18 sampai 25 tahun. Jumlah sampel penelitian sebanyak lima orang. Metode pengambilan data dengan  wawancara semi terstruktur. Hasil temuan pada penelitian ini terdapat gambaran anticipatory anxiety pada mahasiswa perantau yaitu berada pada quarter life crisis, mengalami gejala emosional, orientasi masa depan, peningkatan kualitas diri, dan problem solving.


Keywords


Anticipatory, anxiety, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adler, Alferd.1997. Understanding Life. Oxford : Oneworld Publications.

Adler, A.1989. Fundamentals of Individual Psychology. TACD Journal, 17(1), 23–33. https://doi.org/10.1080/1046171x.1989.12034345

Alwisol (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Barlow, DH(2000). Mengungkap misteri kecemasan dan gangguannya dari perspektif teori emosi. The American Psychologist, 55, 1247–1263.

Beiter, R., Nash, R., McCrady, M., Rhoades, D., Linscomb, M., Clarahan, M., & Sammut, S. (2015). Prevalensi dan korelasi depresi, kecemasan, dan stres pada sampel mahasiswa. Journal of Affective Disorders, 173, 90–96. https://doi.org/10.1016/j.jad.2014.10.054-

Chaplin, JP (2006). Kamus Lengkap Psikologi. (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: Grafindo Persada.

Chan, E., Hovenden, M., Ramage, E., & Ling, N. (2019). Realitas virtual untuk nyeri prosedur jarum suntik pediatrik: Dua uji klinis acak. The Journal of Pediatrics, 209 (Juni), 160–167.

Creswell, JW (2018). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Sage.

Danielle, MJ (2012). Harga diri dan orientasi masa depan mereduksi keterlibatan risiko di kalangan remaja. Colorado: Tesis Universitas Negeri Colorado.

Davison, GC, Neale, JM, dan Kring, AM (2006). Psikologi Abnormal (Psikologi Abnormal, Edisi ke-9 (Fajar, N., Trans). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Feist, J., & Feist, GJ (2014). Teori Edisi ke-7 (terjemahan Handriatno). Jakarta: Salemba Humanika.

Fauziah, A., Zainuddin, A., Mahmud, A., & Mufid, MA (2023). GANGGUAN KECEMASAN DALAM AL-QUR'AN Telaah Lafadz Khauf, Halu'dan Huzn). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 77-106.

Giri, P. A. S. P. (2020). Mereduksi Kecemasan Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis. Widyadari, 21(1).

Di Kota Surabaya) (Disertasi Doktor, Universitas Airlangga).

Hellwig, S., & Domschke, K. (2019). Kecemasan di usia lanjut: Pembaruan tentang patomekanisme. Gerontologi, 65(5), 465–473.

Hanim, LM & Ahlas, S. (2020). Orientasi masa depan dan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi.

Hasanah, U., & Septiana, H. (2023). Psikologi Individu Tokoh Dalam Novel Sewu Dino Karya Simpelman (Kajian Psikologi Sastra Alfred Adler). Jil, 10, 1-12.

Harahap, ID, & Pranungsari, D. (2020). Hubungan konsep diri dan adversity quotient dengan kecemasan menghadapi masa depan remaja jalanan. Jurnal Psikologi dan Terapan, 2(1), 1-7.

Hurlock, E. (2013). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Erangga (ed).

Jablin, FM (1985b). Hubungan tugas/pekerjaan: Perspektif seumur hidup. Dalam ML Knapp dan GR Miller (Eds.), Handbook of Interpersonal Communication (hlm. 615-654). Beverly Hills, CA: Bijaksana.

Kementrian kesehatan masyarakat. (2018, Maret 3). Kesmas.kesmas. Diperoleh dari Hasil Utama RISKESDAS. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_5 19d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas2018_1274.

Koswara, E. (1992). Logoterapi-Psikoterapi Viktor Frankl. Yogyakarta: Kanisius.

Lindsey, C. (2014). Sifat kecemasan pada mahasiswa: peran skema pencarian persetujuan dan individuasi pemisahan. Jurnal Mahasiswa, 48(3), 407–418.

Mira. F., & Indianti., W. (2018). Pengaruh Kecemasan Karir Terhadap Komitmen Terhadap Pilihan Karir Dengan Kelekatan Orang Tua Sebagai Moderator. Jurnal Psikologi Insight, 2(1).

Maharani, FP, Karmiyati, D., & Widyasari, DC (2021). Kecemasan masa depan dan sikap mahasiswa terhadap jurusan akademik. Kognisi, 9(1), 11-16.

Mirah, F. & Indianti, W. (2018). Pengaruh karir terhadap komitmen terhadap pilihan karir dengan kelekatan orang tua sebagai moderator. Jurnal Psikologi Insight. 2(1). DOI : 10.17509/INSIGHT.V2I1.11947

Nabilah, RH, Putri, ANM, Illahi, EI, Fitri, EL, & Yudiana, W. (2023). Pengaruh Social Presence terhadap Kemampuan Problem Solving dalam Kelompok pada Mahasiswa Universitas X. Humanitas (Jurnal Psikologi), 7(1), 11-26

Nevid JS, Rathos SA, Green EB, 2005. Psikologi Abnormal, jilid I edisi ke-5. Alih Bahasa Tim Fakultas Psikologi UI. Erlangga. Jakarta.

Noviyanti, A. (2021). Dinamika kecemasan karir pada pelajar tingkat akhir. Prosiding Seminar Nasional. Bimbingan dan Konseling, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Prayoga, AP, & Handoyo, P. (2023). Pola Adaptasi Mahasiswa Rantau Luar Surabaya Dalam Menghadapi Cuture Shock. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(3), 153-158.

Poerwandari, K. (2007). Penelitian Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Muttaqin, VA, & Hidayati, IA (2022). Pengalaman Kesepian Pada Mahasiswa Rantau Selama Pandemi Covid-19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 11(4), 587–602. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan kecerdasan emosional (eq) dan kecerdasan spiritual (sq) siswa sekolah dasar sd negeri 4 bilokka sebagai upaya meningkatkan kualitas diri dalam proses pembelajaran pkn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 11–29. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.325

Ridha, AA (2018). Komitmen Tugas pada Mahasiswa Suku Bugis yang Merantau. Jurnal Psikologi, 45(1), 66–76. https://doi.org/10.22146/jpsi.31094.

Schmidt, NB, Lerew, DR & Trakowski, JH (1997). Kewaspadaan tubuh pada gangguan panik: mengevaluasi perhatian terhadap gangguan tubuh. Jurnal Konsultasi dan Psikologi Klinis, 65, 214–220.

Syuhadak, NO, Hardjono, H., & Mardhiyah, Z. (2022). Harapan dan Kecemasan Akan Masa Depan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 7(2), 76-85.

Suryabrata, Sumadi. (2016). Psikologi kepribadian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Salkovskis, PM, Clark, DM & Gelder, MG (1996). Hubungan perilaku kognisi dengan terus-menerusnya rasa panik. Penelitian dan Terapi Perilaku, 34, 453–458.

Toby, MP (2018). Hubungan antara kecemasan akademik dengan penggunaan mekanisme pertahanan pada mahasiswa (Vol. 1, Issue 1) [Universitas Sanata Dharma].

Wardanis, I., Ervina, I., & Linsiya, RW (2023). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Akhir Fakultas Psikologi di Universitas Muhammadiyah Jember dalam Mengerjakan Tugas Akhir. Jurnal Psikologi, 1(3), 8-8.

Putih, KS, Coklat, TA, Somers, TJ & Barlow, DH (2006). Perilaku penghindaran dalam gangguan panik: pengaruh moderat dari kontrol yang dirasakan. Penelitian dan Terapi Perilaku, 44, 147–57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.