Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis kelamin
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji hubungan stress akademik dengan prokastinasi pada mahasiswa , berdasarkan jenis kelamin. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan skala prokastinasi dan skala stress akademik. Desain penelitian yang digunakan adalah desain ANACOVA. Subjek penelitian adalah mahasiswa berjumlah 266 mahasiswa yang berada di beberapa kampus swasta di Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin. Hipotesis minor pertama yaitu adanya hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi pada mahasiswa. Hipotesis minor kedua yaitu adanya hubungan antara jenis kelamin dengan prokrastinasi pada mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel stres akademik dan jenis kelamin dengan prokrastinasi secara simultan berkorelasi sangat signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Secara parsial, variabel stres akademik dengan prokrastinasi berkorelasi secara sangat signifikan, artinya ada hubungan. Variabel jenis kelamin dengan prokrastinasi tidak berkorelasi, artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan prokrastinasi. Berdasarkan uraian diatas bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara stres akademik dengan prokrastinasi ditinjau dari jenis kelamin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmal, V. E. (2013). Perbedaan prokrastinasi akademik berdasarkan jenis kelamin dengan mengontrol manajemen waktu pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja di Yogyakarta. Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).
Burhan, M. N. I., & Herman. (2019). Perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa prodi pendidikan ilmu pengetahuan sosial fakultas ilmu sosial universitas negeri makassar). Social Landscape Journal, 1–10.
Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 3(3), 66–72.
Clabaugh, A., Duque, J. F., & Fields, L. J. (2021). Academic stress and emotional well-being in United States college students following onset of the COVID-19 pandemic. Frontiers in Psychology, 12(628787). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.628787
Daryani, D. P., Nugrahayu, E. Y., & Sulistiawati. (2021). The prevalence of academic procrastination among students at Medicine Faculty Mulawarman University. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2), 118–126. https://doi.org/10.30650/jik.v9i2.3109.
Elvira, F. (2021). Hubungan stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA sederajat di masa pandemi COVID-19 (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (2013). Procrastination and task avoidance: Theory research, and treatment (2st ed.). Springer Science+ Business Media New York.
Gie, T. L. (1995). Cara belajar yang efisien (ke-4). Liberty.
Handayani, S. W. R. I., & Abdullah, A. (2016). Hubungan stres dengan prokrastinasi pada mahasiswa. Psikovidya, 20(1), 32–39.
Jannah, M., & Muis, T. (2014). Prokrastinasi akademik (perilaku penundaan akademik) mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3), 1–8.
Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., & Satiningsih. (2021). Prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 278–292. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292
Monks, F. J. (2006). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gajah Maja University Press.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Nilakantie, R., & Mastuti, E. (2014). Perbedaan tingkat prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin dan locus of control pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah skripsi di fakultas psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 3(1), 9-14.
Nurmalasari, Y., Yustiana, Y. R., & Ilfiandra. (2016). Efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 75–89. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.1897
Patrzek, J., Grunschel, C., & Fries, S. (2012). Academic procrastination: The perspective of University Counsellors. International Journal for the Advancement of Counselling, 34(3), 185–201. https://doi.org/10.1007/s10447-012-9150-z
Risdiantoro, R., Iswinarti, & Hasanati, N. (2016). Hubungan prokrastinasi akademik, stres akademik dan kepuasan hidup mahasiswa. Seminar Asean 2nd Psychology & Humanity, 360–373.
Sandra, K. I., & Djalali, M. A. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217–222. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.140.
Santrock, J. (2019). Life-span development (17th ed.). McGraw-Hill Higher Education.
Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic procrastination: Psychological antecedents revisited. Australian Psychologist Society, 51(1), 36–46. https://doi.org/10.1111/ap.12173.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhadianto, & Pratitis, N. (2019). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Riset Aktual Psikologi, 10(2), 204–223. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266
Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X., & Xu, A. (2011). Educational stress scale for adoescents: Development, validity, and reliability with chinese students. Journal of Psychoeducational Assesment, 29(6), 534–546. https://doi.org/10.1177/0734282910394976
Sutrisno, A., Rini, A. P., & Pratitis, N. T. (2018). Prokrastinasi anggota Polrestabes Surabaya ditinjau dari jenis kelami dan locus of control. Fenomena: Jurnal Psikologi, 1(1), 1–12.
Syaputra, E. P. (2017). Kecenderungan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi UMM yang mengerjakan skripsi ditinjau dari jenis kelamin (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Triyanto, E. (2021). Prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Van Eerde, W. (2003). A meta-analytically derived nomlgical network of procrastination. Personality and Individual Differences, 35(6), 1401-1418. https://doi.org/10.1016/s0191-8869(02)00358-6
Wirakesuma, R. A. (2020). Pengaruh perkuliahan dan tugas secara daring terhadap mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(1).
Zhou, M. (2018). Effects of personality on procrastination: Does it vary by gender? International Journal of Management and Applied Science, 4(4), 54–60.
Refbacks
- There are currently no refbacks.