Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Self-Esteem Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta

Aulia Aulia, Kurniawati Kurniawati, Dedi Heri Sutendi, Widiarti Widiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi interpersonal dan self-esteem terhadap motivasi kerja guru SD Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan teknik pengujian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah guru SD Muhammadiyah di DIY. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala alat ukur yaitu skala motivasi kerja, interpersonal communication scale (ICS) dan Rosenberg self-esteem scale (RSES). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan komunikasi interpersonal dan self-esteem secara sangat signifikan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi kerja guru SD Muhammadiyah DIY. Besarnya kontribusi komunikasi interpersonal dan self-esteem terhadap motivasi kerja sebesar 59,9% dan secara parsial faktor komunikasi interpersonal dan self-esteem berpengaruh positif terhadap motivasi kerja guru.

Keywords


komunikasi interpersonal; motivasi kerja; self-esteem

Full Text:

PDF

References


Abós, Á., Haerens, L., Sevil, J., Aelterman, N., & García-González, L. (2018). Teachers’ motivation in relation to their psychological functioning and interpersonal style: A variable- and person-centered approach. Teaching and Teacher Education, 74, 21–34. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.04.010

Afriani, M., & Hastuti, R. (2021). Gambaran Motivasi Mengajar Guru Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Masa Pandemi Covid-19. Psikodimensia, 20(1), 76. https://doi.org/10.24167/psidim.v20i1.3027

Ahlaini, M. N. (2018). Hubungan komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan motivasi kerja guru di MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung.

Ainnisya, R. N., & Susilowati, I. H. (2018). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Hotel Cipta Mampang Jakarta Selatan. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, II(1), 133–140.

Almubaroq, M. F. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan melalui Konflik Kerja pada Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya.

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11–211. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515

Andjarwati. (2014). Hubungan antara Harga Diri dengan Motivasi Kerja di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Manajemen Keperawatan, 10, 66-75.

Barın, M., Han, T., & Sarı, Ş. (2018). Factors affecting teacher motivation and demotivational-reasoning in a second service area school in Turkey: A single-case research. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(4), 226–242.

Dabone, I. (2019). Employees’motivation at work according to their level of self-esteem and social well-being. Asian Journal of Management Sciences & Education, 8(4), 84–94.

Damayanti, S. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Kerja Pegawai Tetap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur Tahun 2014. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Tingginya, 2(2), 139–149.

Deany, A. S., Sukartha, I. M., & Dewa Gede Wirama. (2016). Pengaruh self esteem, self efficacy, locus of control, dan emotional stability pada kinerja pengelola anggaran belanja Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.11, 5(11), 3713–3740.

Gabriel, A. O. (2016). Influence of Self Esteem and Motivation on Employee Job Performance in RCCG Of Ogun State (Issue August). Department of Economics and Business Studies, Redeemer’s University Ede, Osun State.

Hasan, D. U., & Khaerana, K. (2020). Pengaruh Self Efficacy Dan Self Esteem Terhadap Kierja Pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Kota Palopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.35906/jep01.v6i2.604

Hidayat, H., & Setiawan, I. A. (2018). Pengaruh self-esteem dan self efficacy terhadap kinerja karyawan (Studi pada Karyawan PT. Tomo Food Industri, Sumedang). Sains Manajemen Dan Akuntansi, VIII(2), 65–85.

Indriyani, J., Kusniawati, A., & Kader, M. (2020). Pengaruh Self Esteem Dan Self Efficacy Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus pada pegawai RSUD Ciamis). Business Management and Enterpreneurship Journal, 2(4), 53–62.

Juliningrum, E., & Sudiro, A. (2013). Pengaruh Kompensasi, Budaya Organisasi, terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(4), 665–676.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. ANDI.

Mbuva, J. (2017). Exploring Teachers’ Self-Esteem and Its Effects on Teaching, Students’ Learning and Self-Esteem. Journal of Higher Education Theory and Practice, 17(3), 123–134.

Munawaroh, I. (2019). Pengaruh Disiplin dan Lingkungan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Kinerja Pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 22. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i1.1554

Oktarina, E., Makhdalena, & Caska. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri se Kota Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 84–94.

Pierce, J. L., & Gardner, D. G. (2004). Self-esteem within the work and organizational context: A review of the organization-based self-esteem literature. Journal of Management, 30(5), 591–622. https://doi.org/10.1016/j.jm.2003.10.001

Putri, T. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SDN 23 Cubadak. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Rasheed, M. I., Humayon, A. A., Awan, U., & Ahmed, A. ud D. (2016). Factors affecting teachers’ motivation: An HRM challenge for public sector higher educational institutions of Pakistan (HEIs). International Journal of Educational Management, 30(1), 101–114. https://doi.org/10.1108/IJEM-04-2014-0057

Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. In Princeton NJ: Princeton University Press. (Vol. 21, Issue July, pp. 1154–1157). Princeton University Press.

Sandu, M. L., Enache, R. G., & Miloș, C. A. (2021). The self-esteem and work motivation of Romanian employees in the Covid-19. Technium Social Sciences Journal, 22(2), 397–408. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/332/124

Sarinadi, N. N. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan pada UD Surya Logam Desa Temukus. Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 15–28.

Sejati, P. (2017). Hubungan Motivasi kerja dengan Prestasi kerja guru dan karyawan di smk muhammadiayah 1 seleaman purnama sejati. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sidorova, T. (2015). The social and psychological determinants of faculty members’ work motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186(4), 1188–1191. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.029

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. CV. Andi Offset.

Sugiarto, A., & Nanda, A. W. (2020). Stres Kerja: Pengaruhnya Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21302

Suntani, U. T., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2021). The role of principal nterpersonal communication on teacher’s work motivation. Education Quarterly Reviews, 4(2), 146–151. https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.02.206

Syamsiah, S. (2017). Hubungan antara harga diri dengan motivasi kerja pada perawat rumah sakit X di Yogyakarta. Mercu Buana Yogyakarta.

Taormina, R. J., & Gao, J. H. (2013). Maslow and the motivation hierarchy: Measuring satisfaction of the needs. American Journal of Psychology, 126(2), 155–177. https://doi.org/10.5406/amerjpsyc.126.2.0155

Usman, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 10(1), 1–18.

Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. PT Radja Grafindo Persada.

Windasari, R. M. (2011). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, TBK. Divisi consumer service (DCS) area Karawang. Universitas Telkom.

Yavuz, B. T., Yenel, K., Sonmez, E., & Kan, A. (2019). Teachers’ job motivation: scale development study. Sakarya University Journal of Education, 9(3), 408–433. https://doi.org/10.19126/suje.461444


Refbacks

  • There are currently no refbacks.