ANALISIS DAMPAK PASCA COVID19 TERHADAP PERUBAHAN PSIKOSOSIAL SISWA DI TENGAH KEBIJAKAN TRANSISI PENDIDIKAN

Dwipa Satria Negara

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk melihat perkembangan implementasi kebutuhan pemerhatian psikologis siswa pada lingkup pendidikan Indonesia di masa krisis Covid19 dari sisi sebelum maupun sesudah pandemi. Berangkat dari kenyataan bahwa pendidikan di Indonesia telah mengalami transisi perubahan yang sangat cepat, berulang dan tak terhindarkan dalam waktu dua tahun. Aktivitas yang sebelumnya berinteraksi langsung dalam lingkup ruang fisik, seketika beralih ke dalam lingkungan yang tak terbatas melalui teknologi dan gawai. Perubahan transisi yang cepat tersebut tidak hanya membawa pengaruh di pendidikan saja, tetapi juga kondisi perubahan sosial dan klinis para siswa. Peralihan ruang lingkup pembelajaran yang sangat cepat menghasilkan dinamika yang berdampak langsung terhadap ketahanan psikologis setiap siswa. Penerapan transisi belajar melalui media gawai secara mendadak tanpa adanya kesiapan dan pengadaptasian akan menciptakan pergesekan besar pada siswa yang merupakan objek utama dalam penerapan pendidikan tersebut. Hal ini menjadi semakin menarik, mengingat saat ini pergeseran pendidikan siswa mulai mengalami transisi kedua kalinya ke tahap pasca pandemi di mana ruang lingkup mulai terbatas pada interaksi fisik sosial disertai adaptasi kesehatan mental siswa menjadi permasalahan utama. Terlebih kondisi pendidikan Indonesia masih memiliki berbagai pekerjaan rumah yang belum teratasi bahkan jauh sebelum krisis pandemi. Data artikel ini diperoleh melalui media buku, laporan, jurnal, berita dan sumber internet. Dengan penggunaan metode pendekatan kepustakaan untuk menjawab pertanyaan bagaimana.

 

 


Keywords


Pendidikan, Covid19, Sosial, Kesehatan Mental.

Full Text:

PDF

References


Addini, S. E., Syahidah, B. D., Putri, B. A., & Setyowibowo, H. (2022). Kesehatan Mental Siswa SMP-SMA Indonesia Selama Masa Pandemi dan Faktor Penyebabnya. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 5(2), 107-116.

Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39-49.

Saputra, H., & Marcelawati, Y. (2020). Analisis Ruang Percepatan: Dinamika Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 160-174.

Setiawan, Mary Go. 1990. Pembaruan Mengajar. Bandung : Kalam Hidup

UNICEF :https://reliefweb.int/report/world/state-world-s-children-2021-my-mind-promoting-protecting-and-caring-children-s-mental (diakses 1 Juni, 2022).

Wijaya, Callistasia. 2021. “Covid-19: 'Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri', persoalan mental murid selama sekolah dari rumah”, https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502 (diakses 31 Mei, 2022).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.