Gambaran Perilaku Digital Pemuda-Pemudi Pasca Pandemi di Desa Pogung, Kabupaten Klaten
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslamiyah, S., Nurhayati. (2021). Dampak covid-19 terhadap perubahan psikologis, sosial dan ekonomi pasien covid-19 di kelurahan dendang, langkat, sumatera utara. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56-69.
Atmojo, J. T., Iswahyuni, S., Rejo, Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., . . . Mubarok, A. S. (2020). Penggunaan masker dalam pencegahan dan penanganan covid-19: Rasionalitas, efektivitas dan isu terkini. Avicenna: Journal of Health Research, 3(2), 84-95.
Bintari, R. H. (2020). Kecanduan gadget di masa pandemic covid-19 pada siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Sutojayan kabupaten Blitar. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 8(2), doi: 10.47794/jkhws.v8i2
Chaidirman, Indirastuti, D., & Narmi. (2018). Fenomena kecanduan penggunaan gawai (gadget pada kalangan remaja suku bajo). Journal of Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33-41.
Dampati, P. S., Chrismayanti, N. K. S. D., & Veronica, E. (2020). Pengaruh penggunaan smartphone dan laptop terhadap musculoskeletal penduduk Indonesia pada pandemic covid-19. Gema Kesehatan, 12(2), 57-67.
Debora, N., & Sukmawati, I. (2021). The relationship of self-control to students gadget use. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 129-133.
Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi gadget dan implikasinya terhadap pola asuh anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701-1710.
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). CV Pustaka Setia: Bandung.
Fernandes, B., Biswas, U. N. B., Tan-Mansukhani, R., Vallejo, A., & Essau, C. A. (2020). The impact of covid-19 lockdown on internet use and escapism in adolescents. Revista de Psicología Clínica con Niños y Adolescentes, 7(3), 59-65.
Haerunnisa, Permana, A., & Firmansyah, R. (2020). Peranan smartphone dalam dunia pendidikan di masa pandemic covid-19. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 140-146.
Kaye, L. K., Orben, A., Ellis, D. A., Hunter, S. C., & Hounghton, S. (2020). The conceptual and methodological mayhem of “screen time”. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17 (3661), 1-10.
Khasanah, D. N., & Winarti, Y. (2021). Literature review: Hubungan kontrol diri dengan kecanduan smartphone pada remaja, Borneo Student Research, 3(1), 739-748.
Kwon, M., dkk. (2013). Development and validation of a smartphone addiction.
Jakarta: Eirlangga.
Larassati & Lestari, P. (2021). Hubungan kontrol diri dengan penggunaan smartphone pada remaja selama masa pandemic covid-19 di desa puluhan tengah. Indonesian Journal of Nursing Research, 4(1), 1-11.
Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ, doi: doi.org/10.1136/bmj.m641
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 55-64.
Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., Muthe, M. V. R., Togatorop, F., & Hutahaean, D. T. (2022). Sosialisasi bahaya adiksi internet bagi anak dan remaja di sma negeri 4 pematangsiantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(1), 103-108.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 65-69.
Mona, N. (2020). Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2).
Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2018). Kecanduan smartphone ditinjau dari kontrol jenis kelamin pada siswa sma mardisiswa semarang. Jurnal Empati, 7(4), 152-161.
Nurningtyas, F., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja. Acta Psychologia, 3(1), 14-20.
Nursikuwagus, A., Hikmawati, E., Wisesty, U. N., Munggana, W., & Mahayana, D. (2020). Kajian saintifik fenomena adiksi gadget dan media sosial di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Informasi, 10(1), 25-39.
Pramusita, W. H. (2018). Pengaruh keterampilan sosial dan pola komunikasi keluarga terhadap kecenderungan adiksi internet pada remaja pengguna smartphone. TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(1), 135-152.
Pratiwi, R., & Malwa, R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Gadget terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 105 - 112.
Puspita, S. (2020). Fenomena kecanduan gadget pada anak usia dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 25-36.
Sari, I. P., Ifdil, & Yendi, F. M. (2020). Konsep nomophobia pada remaja generasi z. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(1), 21–26. https://doi.org/10.29210/3003414000
Saryono, & Anggreani, M. D. (2017). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang kesehatan (H. Isna, Ed.). Yogyakarta: Nuha Medika.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, kualitatif dan r&d. CV Alfabeta.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.
Taspcott, D. (2009). Grown up digital: How the net generation is changing your world. The McGraw Hill Companies. https://doi.org/10.5860/choice.47-3242
Wahyuni, H. S., Putri, A. A., Ardiasfika, N. N., & Ikhwaniah, F. H. (2021). Adiksi terhadap internet: Prevalensi, faktor penyebab, dampak pencegahan, intervensi. UNESA Prosiding: Seminar Internasional dan Pelatihan Daring, 33-40.
Yunita, M. M., Lesmana, T., Jatmika, D., Damayanti, A., & Kusuma, T. F. (2021). Mengenal bahaya adiksi gadget dan cara mengatasinya. Jurnal Pengabdian dan kewirausahaan, 5(2), 70-78.
Refbacks
- There are currently no refbacks.