Gambaran Perilaku Digital Pemuda-Pemudi Pasca Pandemi di Desa Pogung, Kabupaten Klaten

Labbaika Fadhilah, Dessy Pranungsari

Abstract


WHO (World Health Organization) menetapkan virus corona sebagai pandemi dikarenakan virus corona menular begitu sangat cepat. Pandemi ini mempengaruhi beberapa sektor dalam negara, salah satunya adalah pendidikan. Penatalaksanaan pendidikan dalam masa darurat covid di Indonesia, sekolah dihimbau untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Akibat aktivitas pembelajaran daring, penggunaan gadget sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas selama pembelajaran daring sehingga terjadi kenaikan tingkat penggunaan gadget. Kenaikan penggunaan gadget juga terjadi pada remaja di Desa Pogung, Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan fenomenologi dengan subyek dalam penelitian ini adalah remaja Desa Pogung yang memiliki gadget. Metode pengambilan meliputi observasi, wawancara, focus group discussion (FGD) dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa remaja sulit mengontrol penggunaan gadget, remaja mengalami gejala dari adiksi gadget dan menimbulkan sikap individual atau acuh terhadap lingkungan sekitar.  Gambaran perilaku digital pemuda pemudi menunjukkan kurangnya kontrol perilaku berdigital seperti banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget, kurangnya dalam beraktivitas, boros dalam membeli kuota internet sebagai penunjang aplikasi dalam gadget.  Faktor yang mempengaruhi peningkatan penggunaan gadget adalah kondisi pandemi yang mempengaruhi cara bersosialisasi, kurangnya kontrol diri dan gaya belajar masa pandemi serta kurangnya pemahaman mengenai dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan.

Keywords


gadget; kecanduan; remaja; komunitas

Full Text:

PDF

References


Aslamiyah, S., Nurhayati. (2021). Dampak covid-19 terhadap perubahan psikologis, sosial dan ekonomi pasien covid-19 di kelurahan dendang, langkat, sumatera utara. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56-69.

Atmojo, J. T., Iswahyuni, S., Rejo, Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., . . . Mubarok, A. S. (2020). Penggunaan masker dalam pencegahan dan penanganan covid-19: Rasionalitas, efektivitas dan isu terkini. Avicenna: Journal of Health Research, 3(2), 84-95.

Bintari, R. H. (2020). Kecanduan gadget di masa pandemic covid-19 pada siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Sutojayan kabupaten Blitar. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 8(2), doi: 10.47794/jkhws.v8i2

Chaidirman, Indirastuti, D., & Narmi. (2018). Fenomena kecanduan penggunaan gawai (gadget pada kalangan remaja suku bajo). Journal of Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33-41.

Dampati, P. S., Chrismayanti, N. K. S. D., & Veronica, E. (2020). Pengaruh penggunaan smartphone dan laptop terhadap musculoskeletal penduduk Indonesia pada pandemic covid-19. Gema Kesehatan, 12(2), 57-67.

Debora, N., & Sukmawati, I. (2021). The relationship of self-control to students gadget use. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 129-133.

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi gadget dan implikasinya terhadap pola asuh anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701-1710.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). CV Pustaka Setia: Bandung.

Fernandes, B., Biswas, U. N. B., Tan-Mansukhani, R., Vallejo, A., & Essau, C. A. (2020). The impact of covid-19 lockdown on internet use and escapism in adolescents. Revista de Psicología Clínica con Niños y Adolescentes, 7(3), 59-65.

Haerunnisa, Permana, A., & Firmansyah, R. (2020). Peranan smartphone dalam dunia pendidikan di masa pandemic covid-19. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 140-146.

Kaye, L. K., Orben, A., Ellis, D. A., Hunter, S. C., & Hounghton, S. (2020). The conceptual and methodological mayhem of “screen time”. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17 (3661), 1-10.

Khasanah, D. N., & Winarti, Y. (2021). Literature review: Hubungan kontrol diri dengan kecanduan smartphone pada remaja, Borneo Student Research, 3(1), 739-748.

Kwon, M., dkk. (2013). Development and validation of a smartphone addiction.

Jakarta: Eirlangga.

Larassati & Lestari, P. (2021). Hubungan kontrol diri dengan penggunaan smartphone pada remaja selama masa pandemic covid-19 di desa puluhan tengah. Indonesian Journal of Nursing Research, 4(1), 1-11.

Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ, doi: doi.org/10.1136/bmj.m641

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 55-64.

Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., Muthe, M. V. R., Togatorop, F., & Hutahaean, D. T. (2022). Sosialisasi bahaya adiksi internet bagi anak dan remaja di sma negeri 4 pematangsiantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(1), 103-108.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 65-69.

Mona, N. (2020). Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2).

Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2018). Kecanduan smartphone ditinjau dari kontrol jenis kelamin pada siswa sma mardisiswa semarang. Jurnal Empati, 7(4), 152-161.

Nurningtyas, F., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja. Acta Psychologia, 3(1), 14-20.

Nursikuwagus, A., Hikmawati, E., Wisesty, U. N., Munggana, W., & Mahayana, D. (2020). Kajian saintifik fenomena adiksi gadget dan media sosial di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Informasi, 10(1), 25-39.

Pramusita, W. H. (2018). Pengaruh keterampilan sosial dan pola komunikasi keluarga terhadap kecenderungan adiksi internet pada remaja pengguna smartphone. TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(1), 135-152.

Pratiwi, R., & Malwa, R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Gadget terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 105 - 112.

Puspita, S. (2020). Fenomena kecanduan gadget pada anak usia dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 25-36.

Sari, I. P., Ifdil, & Yendi, F. M. (2020). Konsep nomophobia pada remaja generasi z. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(1), 21–26. https://doi.org/10.29210/3003414000

Saryono, & Anggreani, M. D. (2017). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang kesehatan (H. Isna, Ed.). Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, kualitatif dan r&d. CV Alfabeta.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.

Taspcott, D. (2009). Grown up digital: How the net generation is changing your world. The McGraw Hill Companies. https://doi.org/10.5860/choice.47-3242

Wahyuni, H. S., Putri, A. A., Ardiasfika, N. N., & Ikhwaniah, F. H. (2021). Adiksi terhadap internet: Prevalensi, faktor penyebab, dampak pencegahan, intervensi. UNESA Prosiding: Seminar Internasional dan Pelatihan Daring, 33-40.

Yunita, M. M., Lesmana, T., Jatmika, D., Damayanti, A., & Kusuma, T. F. (2021). Mengenal bahaya adiksi gadget dan cara mengatasinya. Jurnal Pengabdian dan kewirausahaan, 5(2), 70-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.