Analisis Pengaruh Transisi Pembelajaran Jarak Jauh ke Pembelajaran Tatap Muka terhadap Kesehatan Mental Pelajar Pasca Pandemi Covid-19

Nona Carolina, Siti Nur Azizah, Laila Melati Nur Sholihah, Ummy Rosyidah, Purwanti Purwanti

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan selama beberapa tahun terakhir. Salah satu aspek yang paling dipengaruhi adalah pendidikan. Pendidikan selama pandemi dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang berpengaruh terhadap kesehatan mental pelajar. Kesehatan mental adalah suatu kondisi seseorang yang memungkinkan berkembangnya semua aspek perkembangan, baik fisik, intelektual, dan emosional yang optimal serta selaras dengan perkembangan orang lain, sehingga selanjutnya mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Setelah kurang lebih dua tahun pandemi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, kini beberapa aktivitas yang sempat terhambat mulai kembali normal, salah satunya yaitu sistem pendidikan. Masa transisi dari sistem pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka sangat mempengaruhi kesehatan mental pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transisi pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka terhadap kesehatan mental pelajar pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menganalisis berbagai data yang didapatkan dari jurnal maupun artikel di media masa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mental pelajar setelah pembelajaran tatap muka perlahan mulai membaik. Masalah kesehatan mental para pelajar, seperti stress, ketakutan, depresi telah mereda karena mereka merasa prestasinya meningkat pada saat pembelajaran tatap muka diterapkan. Penerapan sistem pembelajaran tatap muka membantu pelajar memahami apa yang dijelaskan guru dibanding pada saat pembelajaran jarak jauh selama pandemi.


Keywords


kesehatan mental, pandemi, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Addini, S.E., dkk. (2022). Kesehatan Mental Siswa SMP-SMA Indonesia Selama Masa Pandemi dan Faktor Penyebabnya. Jurnal Psikologi, 5(2), 107-114.

Akat, M., & Karatas, K. (2020). Dampak Psikologis Pandemi COVID-19 terhadap Masyarakat dan Refleksinya terhadap Pendidikan. Studi Turki Elektronik, 15(4).

Athiyyah & Santoso, H. (2021). Permasalahan Kesehatan Mental di Masa Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 170-185.

Fatimah, dkk. (2021). Karakteristik Budaya dan Individu dalam Mengadopsi Pembelajaran Kolaboratif yang Didukung Komputer Selama Wabah COVID-19: Kesediaan atau Kewajiban untuk Menerima Teknologi. Surat Ilmu Manajemen, 11, 373-378.

Faturohman, N., & Gunawan (2021). Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Serang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 433-441.

Massie, A.Y. (2021). Dampak Pemblejaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54-61.

Mossa, E. (2018). Studi Tentang Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Raya, 3-8.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/25904/75676576918, diakses pada 6 Juni 2022 pukul 16:05.

Nagaraja, Reddy, Ravishankar, Jagadisha & Muninarayana. (2015). Depresi Pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (4), 421 - 424.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Rahma, F.N., Wulandari, F., & Husna, D.U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470-2477.

Rahmayanti, D., Moeliono, M.F., & Lenny Kendhawati. (2021). Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Psikologi, 23(1), 91-101.

Ramadhan, Nugraha, Firmansyah & Alkahfy. (2021). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783-1792.

Rosnaeni, R., & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241-2246.

Sarwa, S.S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi. Adab: Yogyakarta

Setyo, D., dkk. (2021). Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pelajar pada Masa Pandemi Covid-19. https://www.researchgate.net/publication/355183799_PENTINGNYA_MENJAGA_KESEHATAN_MENTAL_PELAJAR_PADA_MASA_PANDEMI_COVID-19, diakses pada 6 Juni 2022 pukul 16:44

Suratmi, T., Indrawati, M., & Tafal, Z. (2020). Gangguan Mental Emosional pada Pelajar SMP di Bekasi pada Masa Pandemi Covid-19 dan Potensial Dampaknya terhadap Ketahanan Keluarga. Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 9(1), 523-533.

Warsito, H., dkk. (2022). Pembelajaran Online Pasca Pandemi Covid 19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 75-82.

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19) Sebuah tinjauan literature. Wellness and Healthy Magazine. Vol 2, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.