PROSES MEMBANGUN INTERAKSI INTERPERSONAL PADA AUD SELAMA MASA PANDEMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PERTEMANAN MELALUI MEDIA ONLINE
Abstract
Salah satu interaksi yang paling dibutuhkan adalah Hubungan Interpersonal, dalam hal ini adalah Komunikasi Interpersonal, dimana komunikasi interpersonal adalah soft skill yang tidak hanya berguna untuk kehidupan sekarang tetapi juga untuk kehidupan di dunia kerja nanti, terutama di masa seperti sekarang ini yang hampir semuanya memakai komunikasi online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses membangun Interaksi interpersonal atau berkomunikasi melalui pertemanan di media online dan yang harus dilakukan agar anak tetap dapat memiliki interaksi atau komunikasi yang baik melalui pertemanan di media online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interpretif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan interview yang melibatkan seorang anak usia dini berusia 5 tahun dan seorang ibu yang berusia 38 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek masih sulit untuk berinteraksi dengan media online karena kurangnya komunikasi antara subjek dengan ibunya dan tidak adanya stimulasi juga dukungan terhadap subjek dikarenakan kecemasan ibu subjek dalam menghadapi masa pandemi yang tidak kunjung berakhir. Ibu subjek berharap dengan adanya Pembelajaran Tatap Muka yang sudah mulai berjalan, dapat membangun dan menstimulasi kembali hubungan komunikasi subjek baik dengan media online dan dengan kehidupan nyata/riil.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, pertemanan, media online
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, Y. S., Krisnana, I., Ferdiana, H., & Rachmawati, P. D. (2012). Peningkatan Perkembangan Multiple Intelligences Anak Usia Prasekolah Melalui Stimulasi Alat Permainan Eduaktif. Ners, 7(1), 64–70.
DeVito, J. (1991). The Interpersonal Communication Course. Basic Communication Course Annual, 3(1), 1–20.
Falkus, G., Tilley, C., Thomas, C., Hockey, H., Kennedy, A., Arnold, T., Thorburn, B., Jones, K., Patel, B., Pimenta, C., Shah, R., Tweedie, F., O’Brien, F., Leahy, R., & Pring, T. (2016). Assessing the effectiveness of parent-child interaction therapy with language delayed children: A clinical investigation. Child Language Teaching and Therapy, 32(1), 7–17. https://doi.org/10.1177/0265659015574918
Indriasih, A., & . J. (2017). Penerapan Permainan Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 124–140. https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1870
Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative Phenomenological Analysis : Theory , Method and Research. January.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Orehek, E., Forest, A. L., & Barbaro, N. (2018). A People-as-Means Approach to Interpersonal Relationships. Perspectives on Psychological Science, 13(3). https://doi.org/10.1177/1745691617744522
Qazi, A., Qazi, J., Naseer, K., Zeeshan, M., Qazi, S., Abayomi-Alli, O., Said Ahmad, I., Darwich, M., Ali Talpur, B., Hardaker, G., Naseem, U., Yang, S., & Haruna, K. (2021). Adaption of distance learning to continue the academic year amid COVID-19 lockdown. Children and Youth Services Review, 126(April), 106038. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106038
Thijs, J., Koomen, H., Roorda, D., & ten Hagen, J. (2011). Explaining teacher–student interactions in early childhood: An interpersonal theoretical approach. Journal of Applied Developmental Psychology, 32(1). https://doi.org/10.1016/j.appdev.2010.10.002
Solomon, D., & Theiss, J. (n.d.). Interpersonal Communication Putting Theory into Practice.
Version, D. (2012). Interpretative phenomenological analysis Part II Methods. https://doi.org/10.1002/9781119973249
Wallace, P. (n.d.). The psychology of the internet.
Yin, H., & Shi, L. (2021). Which Type of Interpersonal Interaction Better Facilitates College Student Learning and Development in China: Face-to-Face or Online? ECNU Review of Education. https://doi.org/10.1177/20965311211010818
Refbacks
- There are currently no refbacks.