Stres Pengasuhan Pada Ibu dengan Anak Retardasi Mental

Ulima Salsabila, Erny Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang gambaran stres pengasuhan serta faktor yang mempengaruhi stres pengasuhan pada ibu dengan anak retardasi mental. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi serta dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Pengecekan validitas menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan data dari perspektif seseorang dengan significant person.Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres pengasuhan yang dialami oleh subjek I meliputi aspek the parent distress, the parent-child dysfunctional interaction dan difficult child. Subjek I merasakan pusing ketika anak tidak menunjukan adanya kemajuan dalam proses pembelajaran, terbebani secara waktu dan tenaga dan perilaku anak yang kerap tantrum. Faktor yang mempengaruhi stres pengasuhan pada subjek 1 yaitu kurangnya pengetahuan ibu, usia ibu, dan pengalaman pengasuhan. Sama halnya dengan subjek I, pada subjek II stres pengasuhan yang dialami meliputi pada aspek the parent distress merasakan lelah pengasuhan kekurangan waktu serta tidak adanya dukungan sosial. subjek merasakan the parent-child dysfunctional interaction sama halnya dengan subjek I mengenai interaksi yang dilakukan hanya satu arah.  Aspek difficult child ditunjukkan dengan perilaku anak yang kerap tidak wajar membuat ibu merasakan pusing. Faktor yang mempengaruhi stres pengasuhan pada subjek II  adalah kurangnya pengetahuan dan pengalaman ibu, lingkungan sosial dan ekonomiKesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek I dan II merasakan stres pengasuhan dalam mengasuh anak retardasi mental dengan terpenuhinya beberapa aspek stres pengasuhan. Faktor yang menyebabkan stres pengasuhan antara lain kurangnya pengetahuan dan pengalaman ibu, usia ibu, lingkungan sosial dan ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Agustini, N. I. (2016). Hubungan penerimaan diri ibu dengan stres pengasuhan ibu dari anak yang mengalami cerebral palsy. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ahern, L.S (2004). Psychometric Properties of Parenting Stress Index-short Form. North Carolina State University Press : USA

Anam, A. K., & Nohan, N. (2017). Sikap orangtua dalam penanganan anak retardasi mental di SLB Negeri Bendo Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Jurnal Ners dan Kebidanan, 4(3), 181-185.

Astarani, K., & Werdiningsih, A. (2012). Role in meeting the needs of mother on child development preschoolers. Jurnal Penelitian STIKES Kediri, 5(1), 82-98–98.

Auliya, I. A. D., & Darmawanti, I. (2015). Hubungan antara kepribadian hardiness dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak cerebral palsy. Jurnal Character, 2(3), 1–6.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah. (2021). Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Sarana Kesejahteraan Sosial. Yogyakarta: Bappeda DIY

Boham, A., Kawung, E. J. R., & Harilama, S. H. (2018). Berkebutuhan Khusus Di Kota Manado Provinsi. 4, 1–13.

Choiriyah, D. W., & Surjaningrum, E. R. (2020). Stres pengasuhan ibu dan perannya dalam perlakuan salah ibu terhadap anak. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2(0), 309–327

Diantika, R. (2020). Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi Lingkungan Inklusi Dan Kemampuan Bersosialisasi : Studi Terhadap Pola Pertemanan Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). 10(1)

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Psikosain.

Farraswati, D. I., & Siswanto, H. (2015). Pola asuh keluarga pada penyandang tunagrahita di desa karangpatihan kecamatan balong kabupaten ponorogo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya, 4(1), 1–7.

Fikriyyah, S., Adriani, R. B., & Murti, B. (2018). What are the factors that affect the risk of parenting stress in mothers with disability children a new evidence from Sukoharjo, Central Java. Journal Of Maternal And Child Health, 03(02), 156–165

Hidangmayun, Narmada. (2010). Parenting stress of normal children and mentally challenged children. Naskah Publikasi Thesis University Of Agriculture Science.

Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wat, D. E. (2019). Pendidikan inklusi dan anak berkebutuhan khusus.

Jenaro, C., Flores, N., & Vega, V. (N.D.). Parental stress and family quality of life : surveying family members of persons with intellectual disabilities. 4–6.

Kementerian Kesehatan RI Disabilitas, (2019). Pusat Data dan Informasi. Jakarta: Kemenkes.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2017). Menjadi Orang Tua Yang Hebat. Jakarta

Munawaroh, L., & Amalia, S. (2019). Keberfungsian keluarga dengan stres pengasuhan ibu yang memiliki anak autistic spectrum disorder (asd). Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(2), 249.

Nurmalia H,P., Asri M.P., Ika Artini & Woro Pramesti (2020). Hubungan karakteristik orang tua dengan stres pengasuhan orang tua yang memiliki anak retardasi mental di slb se-bandar lampung tahun 2019 - 2020. Jurnal Psikologi Konseling Vol. 16 No. 1, Juni 2020. 16(1), 581–589.

Ramadhany, S. D., Larasati, T. A., & Soleha, T. U. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Dharma Pertiwi.

Thohiroh, A. A. (2020). Parenting Stress Pada Ibu Bekerja. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Undang-undang RI Nomor 8 Tahun 2016, tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: JDIH

Vani, G. C., Raharjo, S. T., Hidayat, E. N., & Humaedi, S. (2014). Pengasuhan (good parenting) bagi anak dengan disabilitas. Share : Social Work Journal, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.