GAMBARAN HARAPAN PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SURAKARTA

Safira Zahara Firdausy, Muhammad Nurullah Haqiqi, Larasati Purnama Sari, Affan Adnan Rais, Rini Lestari

Abstract


Di Kota Surakarta jumlah pelaku penyalahgunaan narkoba semakin memprihatinkan. Pelaku penyalahgunaan narkoba akan mendapatkan sanksi yang bertujuan  agar  pelaku penyalahgunaan narkoba menyadari kesalahannya dan memperbaiki dirinya. Pelaku penyalahgunaan narkoba juga memiliki harapan-harapan untuk memperbaiki kehidupannya setelah selesai menjalani masa hukumannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan harapan dari pelaku penyalahgunaan narkoba di Surakarta. Informan dalam penelitian ini adalah 4 orang pelaku penyalahgunaan narkoba, terdiri dari 2 orang warga binaan Rutan Klas I Surakarta serta 2 lainnya berasal dari BNNK Surakarta berjenis kelamin laki-laki berusia 19-38 tahun. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku penyalahgunaan narkoba memiliki berbagai harapan yaitu ingin bekerja, memiliki hidup yang lebih baik, menjadi pribadi yang lebih baik, dsb.


Keywords


harapan, penyalahgunaan narkoba, rutan, warga binaan

Full Text:

PDF

References


Bailis, D. S., & Chipperfield, J. G. (2012). Encyclopedia of Human Behavior (2nd ed.). San Diego: Academic Press.

Fristian, W., Darvina, V. S., & Sulismadi. (2020). Upaya Penyesuaian Diri Mantan Narapidana dalam Menanggapi Stigma Negatif di Kecamatan Klakah, Lumajang. ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan, 14 (1), 101-120.

Ginting, R. (2016). Penjatuhan Pidana Penjara dengan Masa Percobaan dalam Tindak Pidana Korupsi (Studi Putusan nomor 24/Pid. Sus/2012/PN. PL). Jurnal Hukum Pidana dan Penanggulangan Kejahatan, 5(1), 78-85.

Kahija. (2017). Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup. Yogyakarta: PT Kanisius.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. (A. Mujahidin, Penyunt.) Ponorogo: Nata Karya.

Snyder, C. (2002). Hope Theory: Rainbows in the Mind. Psychological Inquiry, 13 (4), 249-275.

Stockdale, K. (2021). Hope, Solidarity, and Justice. Feminist Philosophy Quarterly, 7(2), 1-24.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.