SELF EFFICACY, SOCIAL SUPPORT DAN LEARNED HELPLESSNESS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19

Bayu Aji Saputra, Muhammad Hidayat

Abstract


Penelitian bertujuan menguji hubungan self-efficacy dan social support dengan learned helplessness dalam pembelajaran daring pada mahasiswa di masa covid-19. Sampel penelitian adalah 100 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan alat ukur skala learned helplessness, skala self-efficacy dan skala social support. Penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS 16.00 for windows. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan koefisien regresi R=0.679, signifikansi (p)=0.000 (p<0.01). Artinya, ada hubungan sangat signifikan self-efficacy dan social support dengan learned helplessness. Analisis lanjutan menunjukkan koefisien korelasi π‘Ÿπ‘₯𝑦=-0,656, signifikansi (p)=0.000 (p<0.001). Artinya, terdapat hubungan negatif sangat signifikan self eficacy dengan learned helplessness dengan mengontrol social support. Analisis lanjutan kedua menunjukkan koefisien korelasi π‘Ÿπ‘₯𝑦=-0,059, signifikansi (p)=0,564 (p>0,05). Artinya, tidak ada hubungan social support dengan learned helplessness, dengan mengontrol self-efficacy pada sampel penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukkan ada hubungan sangat signifikan self-efficacy dan social support dengan learned helplessness dalam pembelajaran daring pada mahasiswa dimasa covid-19. Ada hubungan sangat signifikan self-efficacy dengan learned helplessness jika social support dikontrol. Tidak ada hubungan social support dengan learned helplessness jika self-efficacy dikontrol. Total sumbangan efektif kedua variabel bebas terhadap variabel tergantung sebesar 46,1%. Sumbangan efektif self-efficacy sebesar 45,087%.


Keywords


Learned Helplessness, Self-Efficacy, Social Support

Full Text:

PDF

References


Abramson, L. Y., Seligman, M. E., & Teasdale, J. D. (1978). Learned helplessness in humans: Critique and reformulation. Journal of Abnormal Psychology, 87(1), 49–74. https://doi.org/10.1037/0021843X.87.1.49

Azwar, S. (2019). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W. H. Freeman and Company.

Barlow, D., & Durand., V. (2015). Abnormal psychology: An integrative approach (7th ed.). Cengage Learning.

Cahyadi, N. (2020). Pengaruh corona terhadap dunia pendidikan. 2020. https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/pengaruh corona terha dap-dunia-pendidikan?/berita/detail/pengaruh-corona-terhadap-duniapendidikan.

Du, J. J., Zhao, Z. Y., You, Y. Z., & Zhang, S. X. (2012). Case study on the learning motivation and learning strategies in vocational students with higher learning achievement. Nantai Journal of Humanities and Social Sciences, 7, 25–52.

Ekinci, E., & Gokler, R. (2017). The effect of secondary students’ academic self sufficiency and academic procrastination behaviors on their learned helplessness. Paper Knowledge. The Journal of International Social Research, 10(50).

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2013). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar pada Siswa SMP di Semarang. Jurnal Psikodimensia, 13(1), 115–130.

Feist, J., J.Feist, G., & Roberts, T.-A. (2018). Teori kepribadian (8th ed.). Salemba Humanika.

Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran self efficacy siswa terhadap pembelajaran. Jurnal FOKUS 3(1), 16–23.

Huda, A., K. 2016. Mahasiswa dan Sikap Kemandirian. https://www.koranmadura.com/2016/09/mahasiswa-dan-sikap-kemandirian/.

King, L. A. (2017). The science of psychology an appreciative view (4th ed). MC Graw Hill Education.

Martens, M. L. (2020). Ini deretan skill yang harus dimiliki calon mahasiswa. https://www.scholae.co/web/read/2651/ini.deretan.skill.ya ng.harus.dimiliki.calon.mahasiswa

Mulawarman, S. (2012). Penerapan pendekatan konseling realita untuk mengatasi learned helplessness (suatu studi embedded experimental model pada mahasiswa). Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(1), 25–32.

Putri, A. S. (2020). Apa itu virus corona? 2020. https://www.kompas.com/s kola/read/2020/03/22/183000269/apa-itu-virus-corona?page=all.

Putri, C. O. Y. (2020). Pembelajaran Daring, Efektif Gak Sih Buat Mahasiswa? 2020. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/10/14/pembelajarandaring-efektif-gak-sih-buat-mahasiswa.

Putwain, D. W., & Symes, W. (2014). The perceived value of maths and academic self-efficacy in the appraisal of fear appeals used prior to a high-stakes test as threatening or challenging. Social Psychology of Education Journal, 17(2), 229–248. https://doi.org/10.1007/s11218014-9249-7.

Ridwana, R. (2019). Menyeimbangkan Kegiatan Akademik dan Organisasi Mahasiswa. http://geografi.upi.edu/menyeimbangkan kegiatan akade mik-dan-organisasi-mahasiswa.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi pendidikan: Educational psychology (5th, buku 2 ed.). Salemba Humanika.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology biopsychosocial interactions seventh edition (7th ed.). John Wiley & Sons.

Seligman, M. E. P. (1975). Helplessness. on depression, development, and death. W. H. Freeman and Company.

Stuart;, G. W., & Laraia, M. T. (2005). Principles and practice psychiatric nursing (8th ed.). St. Louis : Elsevier Mosby.

Suciani, D., Rozali, Y. A., Psikologi, F., Esa, U., & Allen, M. (2013). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa universitas unggul. Jurnal Psikologi, 12(2), 43 – 47.https://doi.org/http s://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/2398/2356.

Sudjatmiko, T. (2020). Mahasiswa Baru Jadi Generasi Tangguh. https://www.krjogja.com/berita lokal/diy/yogyakarta/mahasiswa baru jadi-generasi-tangguh/.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2018). Psikologi sosial (12th ed.). Prenadamia Group.

Townsend, M. C. (2015). Psychiatric mental health nursing: Consepts of care in evidence-based practice (8th ed.). F. A. Davis Company.

Wu, S., & Tu, C. C. (2019). The impact of learning self-efficacy on social support towards learned helplessness in China. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(10), 1- 10. https ://doi.org/10.29333/EJMSTE/115457.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.