ANALISIS KADAR VITAMIN C PADA BUAH PEPAYA (Carica papaya L.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Bintari Tri Sukoharjanti, Uyun Aswin, Laksmi Laksmi, Nur A

Abstract


Latar Belakang: pepaya merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia, berasa manis serta banyak mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh manusia. Buah pepaya dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, dapat dimanfaatkan untuk dibuat produk-produk farmasi.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar vitamin C tertinggi pada buah pepaya serta menguji pengaruh tingkat kematangan, lama penyimpanan dan suhu terhadap kadar vitamin C pada buah pepaya.
Metode: Uji dilakukan pada buah pepaya mentah, mangkal dan matang yang disimpan selama 0 hari, 1 hari dan 2 hari dibuat sari buah dan disaring. Sampel diberikan perlakuan suhu 30°C, 60°C, 90°C dan diukur absorbansinya menggunakan spektrofotometer, kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS dengan metode regresi linear berganda.
Hasil: pepaya mengandung kadar Vitamin C dimana kadar vitamin C tersebut dapat dipengaruhi oleh tingkat kematangan buah, suhu, dan lama penyimpanannya. Kadar vitamin C tertinggi terdapat pada buah pepaya matang dengan lama penyimpanan 0 hari (buah papaya segar) dalam suhu ruang (30°C), yaitu 17,74% atau setara dengan 177mg/100g buah pepaya. Sedangkan kadar vitamin C terendah terdapat pada buah pepaya mentah pada suhu 90°C dengan lama penyimpanan 2 hari yaitu 3,10% atau setara dengan 30,96%.
Kesimpulan: berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kematangan, lama penyimpanan dan suhu secara signifikan berpengaruh terhadap kadar vitamin C pada buah pepaya. kadar vitamin C tertinggi terdapat pada buah pepaya matang segar (lama penyimpanan 0 hari) suhu ruang (30°C).



Kata kunci: buah pepaya, kadar vitamin C, spektrofotometri UV-Vis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Farmasi Universitas Ahmad Dahlan
e-ISSN 2986-8858
Published by Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Indonesia
Website: http://seminar.uad.ac.id/index.php/SNFUAD/index