Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Paga Desa Wolowiro, Kabupaten Sikka

Victoria Caecilia Mite, Abdullah Muis Kasim, Gisela Nuwa

Abstract


Aktivitas pembelajaran saat ini kebanyakan masih dimonopoli oleh guru dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, hingga peserta didik kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan menyebabkan kejenuhan pada peserta didik. karena itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengutamakan peserta didik dan dapat menjawab kebutuhan belajarnya. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya memfasilitasi peserta didik didik dengan pendekatan dan konten atau materi pembelajaran yang selaras gaya belajar, cara berpikir, minat belajar serta karakteristik masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PKn khususnya pada pokok bahasan Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan prasiklus sebagai awalan dan terdiri dari 4 tahap yaitu :perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan pemikiran kembali (reflencing). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Paga yang berjumlah 22 orang dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis Data yang dilakukan menggunakan perbandingan antara hasil tes pada pra siklus, siklus 1 dan siklus II dengan teknik deskriptif yang dalam artinya data yang diperoleh disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan hasilnya. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar, Peserta didik menggunakan rata-rata kelas pada setiap siklus. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan pada peserta didik SMP Negeri I Paga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I ke siklus ke II yang mengalami peningkatan dari yang hanya mendapat rata-rata 68,72 menjadi 92,2. selain itu peningkatan kategori dalam penilaian yang dimana pada siklus I hanya terdapat 3 peserta didik yang berada pada kategori sangat tinggi, namun pada siklus II terjadi peningkatan dimana terdapat 20 peserta didik yang mencapai kategori sangat tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri I Paga dengan materi pembelajaran Kebangkitan Nasional dan Sumpah pemuda.


Full Text:

PDF

References


Rusdiyanto, R., & Mahmudh, M. (2019). The Application of Problem Based Learning (PBL) Methods To Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(2), 112-119.

Faiz, A., Pratama, A., & Ku

rniawaty, I. (2022). Differentiated Learning in the Teacher Empowerment Program on Module 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.

Sardiman, A.M. (2011). In

teraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyasa, E. (2007). Stand

ar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suwartiningsih, S. (2021).

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Sugiyono. (2020). Metode

Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Lunenburg, F. C. (2011). Curriculum Development: Inductive Models. Schooling, 2(1), 1–8.

Magdalena, I., Dea, K. Y., & Puspitasari. (2020). Rendahnya mutu hasil belajar siswa Sekolah Dasar dengan adanya pembelajaran online. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 292–305.

Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa? Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21–35.

Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 248–253.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, Y. N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 89-103.

Purba, M. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta