“Niru Api” Sebagai Momen Yang Tepat Dalam Penanaman Karakter Positif Bagi Anak: Eksplorasi Kearifan Lokal Pada Masyarakat Bajawa
Abstract
Artikel ini bertujuan menelaah penanaman karakter positif berbasis kearifan lokal melalui kebiasan-kebiasan yang diwariskan secara turun temurun pada suatu masyarakat. Bentuk penelitian ini descriptive kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penanaman karakter berbasis kearifan lokal di lingkungan keluarga dapat dilakukan sejalan dengan kebiasan-kebiasan yang dibangun secara turun temurun, seperti kegiatan rutin niru api setiap pagi pada masyarakat Bajawa,. (2) Proses penanaman karakter berbasis kearifan lokal ini dilakukan melalui melalui pemberian nasihat, larangan, nilai-nilai hidup dalam hubungan antara anak-anak sebagai pribadi yang utuh dan juga kaitan sebagai anggota masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Narawati, T. (2019). Arts and Design Education for Character Building. (January). https://doi.org/10.2991/icade-18.2019.38
Sugiyo, R., & Purwastuti, L. A. (2017). Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5). https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.05.003
Wahyu, Y., & Leonangung Edu, A. (2018). Reconstruction Of Character Values Based On Manggaraian Culture. SHS Web of Conferences, 42, 00029. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200029
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Handayani, H., Harmawati, Y., Widhiastanto, Y., & Jumadi, J. (2022). Relevansi nilai kearifan lokal sebagai pendidikan moral. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 114-120.
Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter Tahun II, (3).
Sudiana, N. N. (2015). Ni Nyoman Sudiana, Pendidikan Karakter Melalui Gending Rare. PENDIDIKAN ANAK USIA Dini, 9, 51.
Pelu, M., & Isawati, I. (2019). Historical Value of Cetho Temple as Local Culture-Based Character Education Source and Material. 279(Icalc 2018), 394–401. https://doi.org/10.2991/icalc-18.2019.56
Hetarion, B. D., Hetarion, Y., & Makaruku, V. (2020). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal cuci negeri dalam pembelajaran IPS. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 1-12.
Ningsih, A. S. P., Ardilansari, A., Winata, A., Mayasari, D., Nizar, M., & Rejeki, S. (2023, August). Pengaruh Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Desa dalam Menghadapi Isu Strategis di Era Digital. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 513-519).
Setianto, Y. (2019). Pendidikan karakter melalui keteladanan pahlawan nasional. Publikasi Pendidikan, 9(2), 177-186.
Pramujiono, A., Suhari, S. H., Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020). Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karater, Dan Pembelajaran Yang Humanis. Indocamp.
Sukatin, S. P. I., & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta