Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Sikka

Agnesia Sonia Yulian Putri, Danar Aswim, Rodja Abdul Natsir

Abstract


Penelitian ini analisis faktor yang mempengaruhi tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sikka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa faktor yang mempengaruhi tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sikka dan bagaimana upaya penegakkan hukum yang dilakukan Polres Sikka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif  Kuantitatif. Jenis data Yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari Observasi, wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen. Teknik analisis Data yaitu dengan cara pengumpulan data dianalisis berdasarkan rumusan masalah yang hendak diketahui faktor penyebab dan solusi yang dapat dipergunakan. Berdasarkan hasil analisis, faktor penyebab yang memicu terjadinya kecelakaan Lalu lintas adalah faktor manusia,  faktor kendaraan dan faktor jalan. Faktor penyebab Yang paling dominan adalah manusia.selain faktor manusia dan Faktor kendaraan, faktor jalan juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas  Karena dari hasil observasi yang dilakukan terdapat jalan  yang kurang penerangan jalan, jalan berlubang dan jalan berkelok.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Jangan Salah Lagi ini Beda Mabes Polri, Polda, Polres, dan Polsek. https://nasional.tempo.co/read/1607681/jangan-salah-lagi-ini-beda-mabes-polri-polda-polres-dan-polsek

Mahesa, K. (2021). Analisis Faktor Human Error, Kondisi Kendaraan Dan Karakteristik Lalu Lintas Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Pantura Kota Tegal [Skripsi].

Mufidah, I., & Jannah, R. (2020). Upaya Untuk Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas Di Wilayah Polsek Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jppkn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(2), 8–14.

Nurul, K. (2020). Analisis Pengaruh Human Error, Kondisi Kendaraan Dan Kondisi Jalan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Jalan GeyerPurwodadi Kab. Grobogan [Skripsi].

Saputra, A. D. (2018). Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) Dari Tahun 2007- 2016. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 179–190.

Sasambe, R. O. (2016). Kajian Terhadap Penyelesaian Pelanggaran Peraturan Lalu Lintas Oleh Kepolisian. Lex Crimen, V(1), 82–90.

Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, CV.

Syafar, I. (2016). Tinjauan Terhadap Upaya-Upaya Kepolisian Dalam Menanggulangi Kecelakaan Lalu Lintas Di Wilayah Kepolisian Resort Gowa [Skripsi]. Makassar: Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Tomi, H. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Budaya Dan Pemahaman Pengendara Terhadap Kepatuhan Berlalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Di Sepanjang Ruas Jalan Majapahit Semarang [Skripsi].

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359

Husni, M., Romadoni, S., & Rukiyati, D. (2015). Husni, dkk (2012). Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 2(2), 77–83.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta