Efektivitas Model Project-Based Learning terhadap Keterlibatan Siswa pada Pelajaran IPA Kelas IV
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Sakila, R., Lubis, N. F., Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peran IPA dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam
Azizah, N., Zamroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2419–2425.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Datar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11.
Khasanah, F., Utami, R. D., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98–107. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.9220
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Relmasira, & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.
Marlinda, N. L. P. M. (2020). Model Eksperimen Berbantuan Media PhET dengan Model Pembelajaran PJBL. SINTESA: Prosiding Universitas Dhyana Putra, 295–300.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83.
Sakti, I., Nirwana, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090–4096.
Faurisiawati, M., Supeno, & Suparti. (2022). Keterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model PBL. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5903–5911. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3314
Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar (Vol. 9, Issue 1). JPAK.
Oktaviani, L., & Gusmaulia Eka Putri, A. (n.d.). Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Belajar Matematika Menggunakan Model PBL pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 139 Kota Jambi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 10191–10201.
Tuerah, P. R., Risnawaty Mokoagow, R., Ansyu, S., & Mesra, R. (2023). Faktor-Faktor Yang Menghambat Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Timbukar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JJUPE/index
Nurhayati, L., & Chotimah, S. (n.d.). Analisis Pengaruh Penggunaan Visual Basic Application Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD pada Materi Bilangan Prima.
Mareti, J. W., Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Iswara, S. N. W., Wahyudi, & Kusuma, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 388–396. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2268
DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta