Efektivitas Model Project-Based Learning terhadap Keterlibatan Siswa pada Pelajaran IPA Kelas IV

Shofiad’ha Fanny Arthanissa, Ika Maryani

Abstract


Abstrak ini menyelidiki penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pengajaran Ilmu Pengetahuan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Puluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Project-Based Learning (PBL) dalam pengajaran Ilmu Pengetahuan, mengidentifikasi keterlibatan siswa setelah menggunakan model PBL, dan menggambarkan efektivitas PBL terhadap keterlibatan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental dan eksperimental. Hasil analisis uji prasyarat menunjukkan bahwa data PBL memenuhi kriteria distribusi normal dan homogenitas varians, sedangkan data pengajaran konvensional tidak memenuhi kriteria distribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-sampel berpasangan mengungkapkan perbedaan signifikan antara keterlibatan siswa sebelum dan setelah PBL, yang mengonfirmasi efektivitas PBL dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Kesimpulannya, penerapan PBL efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan di SD Negeri Puluhan, didukung oleh hasil analisis statistik.

Full Text:

PDF

References


Sakila, R., Lubis, N. F., Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peran IPA dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam

Azizah, N., Zamroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2419–2425.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Datar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11.

Khasanah, F., Utami, R. D., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98–107. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.9220

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Relmasira, & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Marlinda, N. L. P. M. (2020). Model Eksperimen Berbantuan Media PhET dengan Model Pembelajaran PJBL. SINTESA: Prosiding Universitas Dhyana Putra, 295–300.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83.

Sakti, I., Nirwana, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42

Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090–4096.

Faurisiawati, M., Supeno, & Suparti. (2022). Keterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model PBL. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5903–5911. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3314

Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar (Vol. 9, Issue 1). JPAK.

Oktaviani, L., & Gusmaulia Eka Putri, A. (n.d.). Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Belajar Matematika Menggunakan Model PBL pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 139 Kota Jambi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 10191–10201.

Tuerah, P. R., Risnawaty Mokoagow, R., Ansyu, S., & Mesra, R. (2023). Faktor-Faktor Yang Menghambat Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Timbukar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JJUPE/index

Nurhayati, L., & Chotimah, S. (n.d.). Analisis Pengaruh Penggunaan Visual Basic Application Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD pada Materi Bilangan Prima.

Mareti, J. W., Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Iswara, S. N. W., Wahyudi, & Kusuma, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 388–396. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2268




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta