Penggunaan Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gembira Nangahale
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh penggunaan Bahasa Ibu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gembira Nangahale. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Gembira Nangahale yang terletak di Desa Nangahale Kecamatan Talibura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan penugasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis karangan deskripsi pada siswa kelas kelas IV SDN Gembira Nangahale yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari sembilan laki-laki dan enam perempuan. Ditemukan bahwa lima peserta didik mengalami kesulitan menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar seperti menggunakan kalimat-kalimat yang kurang kurang jelas yaitu kalimat yang tidak lengkap, kalimat ambigu, kalimat Run-on, dan kalimat tumpang tindih. Dan 10 peserta didik cukup baik dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar seperti kalimat yang jelas, penggunaan kosa kata yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca dalam menulis karangan deskripsi. Kemudian dari 15 peserta didik ditemukan lima orang peserta didik yang masing menggunakan bahasa ibu dalam menulis karangan deskripsi.
Full Text:
PDFReferences
Ali Muhammad. (2009). Ilmu dan pendidikan. Bandung: Angkasa.
Ratnawati, R., Kusumah, R., & Cahyati, N. (2021). Korelasi peran orang tua terhadap pemertahanan bahasa sunda sebagai bahasa ibu di daerah Kuningan. Jurnal Golden Age, 5(2), 474-481.
Moleong, L. J. (2013). Metode penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maulana, U., Pratama, A., Firdiansyah, I., & Murjani, S. (2021). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Tata Akbar.
Alif Huda. (2022). Dikutip dari laman Kaka pintar dan pengajar (9/8/2022).
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismiani, P., Mustika, I., & Sahmini, M. (2020). Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(5), 767-774.
Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 69-79.
Noralidin, N. (2017). Pembinaan model pengajaran kemahiran menulis karangan berdasarkan teori konstruktivisme (Doctoral dissertation, Universiti Pendidikan Sultan Idris).
Pratiwi, M. D., Malaikosa, Y. M. L., & Susanto, S. (2022). Implementasi Bimbingan Teman Sebaya Dalam Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Paron 1. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 415.
Juhroti, S. (2011). Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa dalam Proses Pembelajaran di TK Masyitoh Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. FKIP Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta