Penerapan Model Example Non-Example dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika

Novia Aisyah, Vinsensius Herianto Ndori, Tanti Diah Rahmawati

Abstract


Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat berdasarkan  kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Penggunaan media, model atau metode pembelajaran juga perlu diperhatikan sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan efisien serta dapat menciptakan hasil belajar yang maksimal. Pembelajaran Matematika masih dianggap sebagai Pembelajaran yang sulit dan membosankan. Example non-example merupakan model yang dirancang untuk mempengaruhi pola pikir peserta didik agar dapat berkembang sehingga tercipta kondisi pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat serta pengetahuannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model example non-example dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMPK St Mikael Brai Watugong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model example non-example di SMPK St Mikael Brai Watugong dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003

Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71-86.

Kadir, D. M., & Nadjamuddin, A. (2020). Penerapan Metode Example Non-example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Ii Sdn 4 Limboto Kabupaten Gorontalo. Educator: Directory Of Elementary Education Journal, 1(2), 107- 121.

Amelia, D. D., & Sari, D. I. (2022). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Tatap Muka (Ptm) Terbatas. Sigma, 7(2), 165-178.

Hardiansyah, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Thr Owing Dengan Alat Peraga Corong Berhitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Sdn 2 Kuripan Tahun Pelaj Aran 2016/20 (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).

Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Active: Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation, 4(4).

Kalensang, A. T., Kaunang, M., & Takalumang, L. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Di Smp Negeri 2 Bitung. Kompetensi, 1(12), 1001-1008.

Ratnawati, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples non-examples Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Pkn Tema Cinta Tanah Air Di Sdn Kaliwates 01 Jember.

Saputri, S. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-example Berbantuan Poster Comment Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Mts Al-Hidayah Sri Kuncoro Tanggamus Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Saragih, O., Oktavianingsih, P., & Silalahi, M. D. (2023). Belajar Menyenangkan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Examples non-examples Di Tapanuli Utara. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 513-522.

Maarif, I. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Dalam Menulis Surat Dinas Melalui Metode Examples non-examples. Jurnal Pendidikan, 29(3), 253-260.

Murni, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dalam Menulis Surat Dinas Melalui Metode Examples non-examples. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 137- 145. Novitasari, L., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-example Terhadap Hasil Belajar Ipa. Janacitta, 2(1), 20-28.

Ma'rufi, R. (2017). Penerapan Pendekatan Scientific Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta